Minggu, 15 Des 2019 08:53 WIB

Hyundai Bangun Pabrik Tahun Depan, Cari Mobil yang Cocok di RI

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil listrik Hyundai Foto: SelSylke Febrina Laucereno Mobil listrik Hyundai Foto: SelSylke Febrina Laucereno
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap pabrik mobil listrik Hyundai bisa segera beroperasi awal tahun depan. Seperti diketahui, Hyundai Motor Company (HMC) telah memberi komitmen investasi ke Indonesia sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun (kurs Rp 14.000), yang salah satunya untuk memproduksi mobil listrik.

"Hyundai masuk di sini (Indonesia) kita berharap tahun depan bulan Maret-April mereka sudah bisa groundbreaking (upacara) untuk mobil elektriknya. Itu akan membawa Indonesia pada satu era baru," kata Luhut saat memberi sambutan di acara Peluncuran Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik Grab dan Pemerintah Indonesia, di gedung Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat (13/12/2019).



Sementara itu Hyundai sendiri melalui Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) baru saja menjalin kemitraan dengan Grab Indonesia untuk menyediakan 20 unit Hyundai IONIQ Electric sebagai armada. Kerja sama ini juga disebut sebagai upaya untuk riset bakal calon mobil listrik yang akan diproduksi Hyundai di Indonesia.



"(Jadi adanya kerja sama) ini lebih ke mempelajari seperti apa modelnya, kemudian seperti apa kapasitas baterai yang diperlukan, dan juga tipenya. Dari sini akan banyak inputnya, untuk bisa ke depannya saat pembukaan industri (Hyundai) nanti di sini, diketahui jenis mobil (listrik) yang cocok dan digemari masyarakat Indonesia," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com