Modus Pemilik Mobil Mewah, Beli Kendaraan Pakai KTP Orang

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 11 Des 2019 12:45 WIB
Foto: Matius Alfons/detikcom


Sebagai informasi, dalam beberapa momen razia gabungan yang dilakukan oleh BPRD baru-baru ini, ditemukan adanya ketidakcocokan antara identitas KTP dan si pemilik kendaraan asli.

Pertama adalah Rolls-Royce Phantom lansiran tahun 2013 atas nama Dimas Agung Prayitno, yang ternyata bertempat tinggal di gang sempit, di Mangga Besar, Jakarta Barat.



Lalu ada penunggak pajak Mercedes-Benz E400 AT bernama Aulia Martino, yang ternyata juga tinggal di sebuah gang di Jl Cilandak Dalam, Jakarta Selatan.

Kemudian yang baru saja terkena razia adalah Mercedes-Benz seri S 450, atas nama Thohir, yang tinggal di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ilustrasi mobil mewah tak bayar pajakIlustrasi mobil mewah tak bayar pajak Foto: Rizki Pratama


Thohir sendiri disebut pernah bekerja di salah satu diler mobil mewah, dan ia dengan sadar meminjamkan kartu identitasnya untuk kepentingan orang yang ingin membeli mobil.

"Pak Thohir baru dua bulan keluar kerja. Dan dia dulu nggak hanya meminjamkan KTP-nya sendiri. Tapi dia juga ngumpulkan KTP tetangganya untuk membantu identitas palsu pemilik mobil mewah," terang Mulyo.
(lua/lth)