Jumat, 06 Des 2019 18:13 WIB

Tahun Depan Diterapkan, Toyota Masih Uji Coba B30

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Solehudin
Jakarta - Toyota masih terus melakukan uji coba terhadap bahan bakar biodiesel B30. Seperti diketahui, pemerintah menerapkan mandatori B30 mulai Januari 2020. Hal ini menjadi kelanjutan dari program B20 yang dilaksanakan sejak akhir 2018.

Dijelaskan Marketing Director Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, saat ini pihak Toyota belum mendapatkan laporan dari hasil pengetesan B30 yang dilakukan oleh internal mereka.



"Soal bahan bakar B30, kalau teman-teman di development, dari prinsipal maupun TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) masih dalam proses pengetesan ya," kata Anton kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Lanjut Anton, hasil pengetesan tersebut akan diketahui dalam waktu dekat ini.



"Saya rasa nggak akan lama lagi, dalam beberapa bulan ke depan sudah ada konfirmasi hasil pengetesannya," katanya lagi.

Sebelumnya, Toyota sendiri cukup berhasil saat mengimplementasikan pemakaian bahan bakar diesel dengan campuran minyak nabati itu. Toyota melalui TMMIN sudah pernah melakukan uji coba terhadap biodiesel B20 sejak 2015 lalu.



Dan hasilnya mobil diesel Toyota seperti Innova dan Fortuner sanggup menenggak B20. Bahan bakar ini aman dan tidak berdampak pada penurunan kinerja mesin. Tentunya hal serupa juga diharapkan pada penggunaan bahan bakar B30.

Tahun Depan Diterapkan, Toyota Masih Uji Coba B30


Simak Video "Jokowi: B30 Bisa Hemat Devisa Rp 63 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com