Rabu, 04 Des 2019 10:54 WIB

Biar Tak Ditagih Pajak Mobil Mewah, Jangan Asal Pinjamkan KTP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi mobil mewah. Foto: Dok. Bonhams Ilustrasi mobil mewah. Foto: Dok. Bonhams
Jakarta - Beberapa kali terjadi warga yang sama sekali tidak memiliki mobil mewah tapi ditagih tunggakan pajak. Bahkan, warga yang tinggal di gang sempit terdata menunggak pajak mobil mewah.

Padahal, warga yang ditagih pajak mobil mewah tersebut sama sekali belum pernah memiliki mobil. Fakta di lapangan, ditemukan beberapa pemilik mobil mewah menggunakan identitas orang lain. Pada akhirnya, tunggakan pajak mobil mewah itu ditagih ke identitas yang tertera sesuai surat-surat kendaraan.



Beberapa kasus warga yang tak memiliki mobil mewah tapi ditagih tunggakan pajak ternyata karena warga tersebut meminjamkan KTP-nya kepada rekannya. KTP itu kemudian dijadikan identitas untuk surat-surat kendaraan.

Kepala Unit PKB-BBNKB Polda Metro Jaya Jakarta Selatan Khairil Anwar mengatakan, terdapat beberapa alasan yang membuat pemilik mobil meminjam KTP orang lain. Alasannya, pemilik kendaraan itu menghindari pajak progresif sehingga mencatut KTP orang lain.



"Banyak juga yang pakai nama sopirnya, asisten rumah tangganya. Nah kalau ada kejahatan pada mobil tersebut, maka yang kena ya yang namanya terdaftar di STNK ini," ujar Khairil di Jakarta, Selasa kemarin..

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "'Alamat Palsu' Mobil Mewah yang Terkuak karena Tunggakan Pajak"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com