Senin, 02 Des 2019 13:21 WIB

Mercy PHK 10.000 Pekerja, Audi 9.500 Pekerja

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Logo Mercy Foto: Ari Saputra Logo Mercy Foto: Ari Saputra
Stuttgart - Badai PHK kembali terjadi di dunia otomotif. Daimler, induk Mercedes-Benz, memutuskan untuk melakukan PHK sekitar 10.000 orang di seluruh dunia. Itu berarti 3 persen dari total pekerja Daimler saat ini. Menurut anggota direksi bidang sumber daya manusia Wilfried Porth, perusahaan saat ini memiliki sekitar 304.680 pekerja.

Mengutip Reuters, Senin (2/12/2019), PHK itu akan dilakukan secara bertahap selama 3 tahun ke depan. Daimler melakukan hal ini karena mereka harus berinvestasi dalam kendaraan listrik dan di sisi lain karena ada penurunan penjualan.



"Industri otomotif saat ini dalam transformasi besar-besaran dalam sejarahnya," tulis Daimler.

Pemotongan jumlah pekerja itu diumumkan setelah Daimler mendapatkan persetujuan dari kalangan serikat pekerja. Selain itu Daimler juga mengurangi posisi manajemen di seluruh dunia sampai 10 persennya.


Daimler sebelumnya di bulan November merencanakan pengurangan biaya sampai 1,4 miliar euro sampai akhir tahun 2022. Pemotongan biaya salah satunya adalah dengan melakukan pengurangan pekerja.

Sebelumnya, beberapa hari lalu, Audi, juga mengurangi 9.500 pekerja sampai 2025. Sementara produsen Jerman lainnya, BMW mengambil langkah efisiensi lain dengan mengurangi bonus dan skema pembayaran lain kepada karyawan.



Mercy PHK 10.000 Pekerja, Audi 9.500 Pekerja
Halaman
1 Tampilkan Semua

(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com