Senin, 25 Nov 2019 18:52 WIB

Datsun Diisukan Setop Produksi, Pabrik Nissan Bikin Mesin Xpander-Livina

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi Datsun Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Datsun dikabarkan bakal menghentikan produksi mobil di Indonesia. Mulai Januari 2020, Nissan akan menyetop produksi Datsun di pabriknya yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat.

"Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan dibawah skala ekonomi," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, kepada detikcom, Senin (25/11/2019) pagi tadi.



Meski begitu, kata Putu, Nissan tetap berkomitmen melanjutkan kegiatan manufaktur di Indonesia. Fasilitas pabrik PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta yang saat ini hanya memproduksi mobil Nissan akan dialihfungsikan untuk memproduksi mesin.

"Selanjutnya Nissan akan fokus melakukan lokalisasi dan pendalaman komponen utama berupa engine new Livina. Sebelumnya engine tersebut diproduksi di Jepang, nantinya engine akan diproduksi di Indonesia untuk kendaraan New Livina bersama PT Mitsubishi (untuk Xpander)," ujar Putu.



Nissan yang akan menghentikan produksi mobil Datsun kabarnya bakal mengembangkan model inti kendaraan dengan teknologi elekfrifikasi. Misalnya dengan mobil Nissan Leaf dan e-Power

"Eksplorasi melaui pilot proyek dan studi pemanfaatan fasilitas CKD untuk assembling model e-Power juga tengah dilakukan. Itu informasi sementara yang kami peroleh," sebut Putu.

Simak Video "Alphard Via Vallen Diduga Sengaja Dibakar, Terduga Pelaku Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com