Senin, 18 Nov 2019 15:18 WIB

Kemana Toyota Olah Baterai Mobil Listrik?

Rizki Pratama - detikOto
Jeroan mobil Prius Foto: Toyota Motor Corporation Jeroan mobil Prius Foto: Toyota Motor Corporation
Surabaya - Toyota sudah memasarkan 4 jenis mobil hybrid di Indonesia, yaitu Alphard, Camry, C-HR dan Corolla. Seperti diketahui untuk menyimpan daya mobil-mobil tersebut menggunakan baterai lithium yang harus diolah dengan presisi karena limbahnya berbahaya.

Sayangnya di Indonesia belum ada perusahaan yang benar-benar memiliki kapabilitas untuk pengolahan tersebut. Sementara itu baterai harus didaur ulang di tempatnya demi menekan biaya pengiriman.

"Yang lama kita ambil kita akan recycle. Ada aturannya dan kita harus recycle. Harus di-recycle di Indonesia karena kalau dikirim biayanya mahal," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy saat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu.



Ia berharap mulai tumbuh perusahaan yang fokus pada pengolahan baterai lithium di Indonesia. "Kalau di Thailand sudah ada semacam pabrik recycle. Indonesia belum ada tapi kita harus memang harus bikin. Bukan Toyota, mungkin ada pihak swasta atau pihak ketiga yang membuat," kata Anton.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Aksi Tulus dan Anji Pecahkan Acara Toyota Sebangsa Bandung "
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com