Minggu, 17 Nov 2019 14:42 WIB

Terios 7 Wonders: Pohon Bakau Kerdil nan Dilindungi di Kolaka

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jelajah Terios 7 Wonders Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto
Kolaka - Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara punya salah satu destinasi wisata yang indah, yaitu Pulau Padamarang. Pulau Padamarang tak cuma menyajikan keindahan bawah lautnya, tapi juga menampilkan pantai yang cantik.

Pulau Padamarang merupakan wilayah konservasi, tak ada penduduk yang menetap di pulau tersebut sehingga terjaga keasriannya. Dalam perjalanan Terios 7 Wonders di Kolaka, Sulawesi Tenggara, kami mendapat kesempatan untuk menjelajah Pulau Padamarang.


Dari Hotel Sutan Raja, kami ditemani Daihatsu Terios sampai dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Dari dermaga itu, kami harus menyeberang ke Pulau Padamarang menggunakan kapal, kurang lebih 1 jam.

Salah satu hal yang menarik di Pulau Padamarang adalah adanya pohon bakau kerdil. Orang Kolaka menyebutnya sebagai Santigi.

Mangrove SantigiMangrove Santigi Foto: Rangga Rahadiansyah


"Ini adalah mangrove endemik. Kayunya kuat dan cantik. Tapi sayang jumlahnya sudah tinggal sedikit. Jenis kayunya bagus, kuat. Tapi ini sudah dilindungi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka yang juga merupakan pemerhati pariwisata, Dwi Dharma, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Jumat (15/11/2019).



Santigi di Pulau Padamarang tumbuh di daerah berpasir. Seperti bonsai, Santigi tak begitu tinggi.

"Kalau mangrove lain sudah nggak bisa hidup ini. Karena di pasir. Ini sudah dilindungi. Ini tumbuh alami saja. Kenapa jadi sorotan, karena terkait dengan efek rumah kaca, terkait dengan degradasi lingkungan, termasuk abrasi," kata Dwi.

Simak Video "Petualangan Terios 7 Wonders Menjelajah Surga Kolaka"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com