Senin, 11 Nov 2019 14:07 WIB

Dipakai Keliling Kota, Ini Kelebihan Toyota Century Kaisar Jepang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: AP Photo Foto: AP Photo
Tokyo - Minggu (10/11/2019) kemarin, Kaisar Jepang yang baru, Naruhito bersama istrinya Permaisuri Masako melakukan parade untuk menandai penobtannya sebagai Kaisar dan Permaisuri Jepang. Selama parade itu, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menumpangi sedan mewah yang spesial, Toyota Century Convertible atau Century atap terbuka.

Mobil itu didasarkan pada Toyota Century generasi ketiga yang resmi diluncurkan di Tokyo Motor Show 2017 lalu. Toyota Century merupakan sebuah mobil yang penuh tradisi.



Dikutip Japanese Nostalgic Car, mobil ini begitu spesial. Mulai dari emblem grille yang dibuat tangan dengan proses selama enam minggu, sampai cat tujuh lapis yang diampelas basah oleh pengrajin.

Dipakai Keliling Kota, Ini Kelebihan Toyota Century Kaisar JepangFoto: AP Photo


Atap Toyota Century dilepas sehingga Kaisar dan Permaisuri bisa menyapa langsung masyarakat Jepang yang menyaksikan parade. Selain tanpa atap, jok belakang Toyota Century ini lebih tinggi 4 cm agar Kaisar dan Permaisuri tak terhalang. Mobil ini juga menggunakan segel kekaisaran di bumper depan sebagai pengganti pelat nomor.



Diberitakan Japan Times, Pemerintah Jepang telah memilih Toyota Century yang mengalahkan lima mobil merek lain. Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, mobil itu dipilih dengan pertimbangan keselamatan, performa lingkungan dan fitur-fitur lainnya.

Di dalam, sedan beratap terbuka ini menggunakan jok kulit putih dan sandaran punggung yang tinggi. Diperkirakan, mobil ini menghabiskan dana hingga 80 juta yen (Rp 10 miliaran).

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com