Kamis, 07 Nov 2019 16:32 WIB

Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge

Dony Indra Ramadhan - detikOto
Nasabah yang menggeruduk Akumobil. Foto: Dony Indra Ramadhan Nasabah yang menggeruduk Akumobil. Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polisi menemukan fakta baru terkait kasus dugaan penipuan penjualan mobil murah Akumobil. Hasil penyelidikan diketahui dana konsumen dibelikan kendaraan hingga menggaji karyawan.

Hasil itu didapat penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung seusai melakukan penelusuran aset bos Akumobil BJ yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Penelusuran aset ini turut melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).



"Ada kendaraan yang menjadi aset atau yang dibeli dari dana konsumen berupa roda empat atau roda dua. Untuk roda empat ada tujuh unit sementara roda dua ada empat unit motor gede. Lalu ada satu unit mobil towing," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).


Menurut Rifai, kendaraan-kendaraan itu digunakan baik oleh bos Akumobil maupun beberapa orang karyawan Akumobil. Kendaraan itu sudah disita polisi demi kepentingan penyidikan.

"Sudah kita lakukan penyitaan terhadap aset kendaraan. Total nilai aset yang dibelikan kurang lebih ada Rp 10 miliar," katanya.

Selain untuk membeli aset bergerak, uang dari konsumen juga digunakan untuk membeli sejumlah furniture dan gaji karyawan. Sementara untuk aset tak bergerak berupa tanah atau rumah, masih dilakukan penyelidikan.

"Kemungkinan untuk bayar gaji karyawan ada yang menggunakan dana nasabah," tutur Rifai.

Seperti diketahui, sejumlah konsumen Akumobil melaporkan dugaan tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh Akumobil. Mereka merasa tertipu setelah ditawarkan flash sale mobil dengan harga cuma Rp 50 juta.


Alih-alih mendapatkan mobil impian, konsumen justru tak mendapatkan mobil. Mereka pun menggeruduk dealer Akumobil di Jalan Sadakeling beberapa waktu lalu.

Polisi telah menetapkan satu orang bos Akumobil, BJ, sebagai tersangka. BJ merupakan Direktur Utama Akumobil.

Simak Video "Rekaman CCTV Aksi Nenek Curi Beras di Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com