Kamis, 31 Okt 2019 11:13 WIB

Biar Nggak Pinjam e-Toll, Waze Punya Fitur Tarif Jalan Tol

Dina Rayanti - detikOto
Foto: detikINET/Rinto Heksantoro Foto: detikINET/Rinto Heksantoro
Jakarta - Kehabisan saldo uang elektronik ketika melintas di jalan tol masih sering terjadi. Jika di gerbang tol menyediakan isi ulang mungkin bukan masalah besar. Namun apabila tidak tersedia isi ulang di gerbang tol, si pengendara mau tak mau meminjam kartu e-toll milik pengendara lain. Pinjam-meminjam kartu e-toll ini tentunya dapat menghambat perjalanan pengendara lain yang juga mengantre.

Aplikasi penunjuk jalan Waze memiliki cara jitu agar hal itu tak sering terjadi. Waze punya fitur baru. Waze kini dilengkapi dengan fitur Tarif Jalan Tol di Indonesia. Fitur ini memungkinkan para pengguna aplikasi Waze untuk melihat dan membandingkan harga ketika mereka berkendara di sepanjang rute jalan tol.


"Kami bangga dapat menghadirkan Tarif Jalan Tol untuk Indonesia. Berkat upaya luar biasa dari komunitas kami, kini kami dapat menyediakan fitur yang paling dinantikan oleh pengguna Waze. Hingga saat ini, Waze selalu berupaya mengurangi waktu yang dihabiskan dalam kemacetan dan sekarang, kami juga membantu para pengguna kami dalam menghemat biaya perjalanan dengan memberikan alternatif rute terbaik, berdasarkan perkiraan waktu tempuh (ETA) serta biaya tol selama perjalanan. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan komunitas kami agar fitur ini tersedia di seluruh kawasan," jelas Product Manager Waze Moriah Royz dalam siaran pers yang diterima detikcom.

detikcom sendiri telah mencobanya langsung di aplikasi Waze. Dengan memasukkan tujuan ke kota Bandung dari arah Mampang, Jakarta Selatan. Di situ tertera informasi bahwa pengendara harus membayar tol sekitar Rp 67.500.

Foto: Dina Rayanti


Tapi perlu dicatat, informasi biaya tarif tol ini merupakan estimasi. Jadi ada baiknya bagi detikers untuk melebihkan saldo di dalam kartu elektronik untuk mencegah pinjam-meminjam e-toll milik pengendara lain.


Selain fitur jalan tol, Waze juga memberikan saran soal waktu yang tepat pergi agar tak mengalami kemacetan di jalan dengan waktu tempuh tercepat. Dengan demikian, detikers bisa merencanakan perjalanan dengan baik agar lancar dan tak kehabisan uang.

Simak Video "Pengembalian Investasi, Tarif Tol Naik Akhir 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com