Ratusan Mobil Hybrid Toyota Belum Dikirim ke Konsumen

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 27 Okt 2019 13:04 WIB
Foto: dok PT Toyota-Astra Motor
Jakarta - Toyota-Astra Motor (TAM) tercatat memiliki sejumlah model hybrid yang sudah dijual resmi. Mulai Camry hybrid, C-HR hybrid, Corolla Altis hybrid, dan Alphard hybrid.

Dengan harga yang relatif mahal, dan teknologi yang dianggap masih asing oleh konsumen Indonesia, mobil hybrid Toyota cukup baik penjualannya.

Menurut catatan dealer Toyota, Auto 2000, masih ada ratusan mobil hybrid yang belum didistribusikan ke konsumen.



"Kalau total outstanding (hutang yang belum dilunasi), yang harus kita penuhi ada 187 unit nasional, khusus (diler) Auto 2000 saja. Semua tipe hybrid, Camry, C-HR, Corolla Altis, Alphard," terang Koordinator Auto 2000 Wilayah DKI 1, Riki Rusdiono, di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Dikatakan Riki, ada beberapa model yang cukup banyak dipesan dan belum didistribusikan. "Camry hybrid ada 50 unit, Corolla Altis hybrid 15 unit, serta C-HR 40 unit untuk yang hybrid. Itu yang belum ter-delivery," lanjutnya.

Menurut Riki, penjualan mobil hybrid sangat terbantu karakter konsumen Indonesia yang lebih menyukai tipe mobil dengan grade tertinggi.



"Karena cenderung pada saat launching mobil baru itu relatif mobil dengan grade paling tinggi yang paling banyak pesanan. Kebetulan paling tinggi hybrid," aku Riki.

Riki pun berharap harga mobil hybrid suatu saat bisa turun, seiring terbitnya Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

"Harapannya setelah 2 tahun (aturan itu bisa berlaku) bisa terjadi penurunan harga (mobil hybrid) dan bisa dongkrak lagi penjualan hybrid kita," pungkasnya.

Simak Video "Pilihan Makin Beragam, Ini Dia Mobil Listrik dan Hybrid Paling Laku di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)