Sabtu, 26 Okt 2019 16:35 WIB

Pengemudi Mobil Presiden Dilatih Khusus oleh Mercedes-Benz

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mengemudikan mobil memang bukan hal yang sulit bagi sebagian besar orang. Tapi mengemudikan mobil untuk orang nomor satu di Indonesia tidak bisa sembarangan.

Kemampuan memutar roda kemudi, mengatur kecepatan hingga mengenali berbagai fitur canggih dalam mobil harus dikenyam. Untuk mobil Presiden periode 2019-2024 Mercedes-Benz S 600 Guard pun harus dilatih dulu oleh ahlinya.



"Pelatihan sudah secara rutin misal sebelum pelantikan semua pengemudi juga kita latih pengenalan fitur, itu kita undang untuk training kepada paspampres atau pengemudi yang terlibat," ujar Deputy Director Sales Operations & Product Management PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto saat ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019).

Tidak hanya pelatihan mengenai operasional mobil, Mercedes-Benz juga memberikan pelatihan teknis untuk perawatan. Dalam hal ini pihak Istana juga memiliki tim khusus sehingga perawatan mobil Presiden tidak lagi dilakukan di diler.



"Masalah perawatan karena ada unsur confidentiality tentu tidak harus datang ke bengkel kita, mereka punya tim sendiri yang sudah kita latih," ungkapnya.

Sementara ini mobil kepresidenan secara resmi belum dilakukan serah terima. Pihak Mercedes-Benz memilih untuk tidak memberikan pernyataan jadwal tepatnya dan menyerahkan keputusan tersebut kepada staf kepresidenan yang terlibat dalam kesepakatan itu.

"Nanti dari istana yang confirm kita berusaha sebaik mungkin memenuhi janji kita, tapi nanti untuk delivery kita umumkan berikutnya untuk menghindari spekulasi. Jadi daripada berspekulasi dari pihak kami memastikan pabrik dan semua berjalan lancar nanti pengumuman kapan serah terima dan siap pakai pihak Setneg yang mengumumkan," tutup Kari.

Simak Video "'Mercedes Benz' Ini Dibuat dari Kayu, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com