Sabtu, 26 Okt 2019 14:26 WIB

Restorasi Mobil BMW Klasik di Bengkel Resmi, Ini Biayanya

Ridwan Arifin - detikOto
BMW Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Tidak banyak bengkel resmi memiliki fasilitas layanan restorasi, namun bagi penggemar BMW di Indonesia tidak repot mencari lagi. Sebab BMW Astra Cilandak menyediakan fasilitas restorasi mobil klasik.

Chief Executive BMW Astra Fredy Handjaja mengatakan restorasi mobil ini tidak dibatasi umur. Baik 10 tahun ke belakang pun masih bisa dipenuhi, bahkan untuk perawatan berkala diberikan diskon sebesar 50 persen untuk jasa.



"BMW Astra Cilandak menyediakan layanan bagi pelanggan lama untuk merawat hingga me-restorasi BMW lama miliknya di bengkel resmi dengan suku cadang dan kualitas terjamin seperti baru," tutur Fredy saat konferensi pers di Cilandak, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Aftersales Manager BMW Astra Budi Kurniawan menjelaskan untuk biaya sendiri tidak bisa dipatok untuk semua pelanggan. Sebab jenis restorasi ditentukan sendiri oleh pelanggan, yakni antara menggunakan part original atau customize seperti menggunakan M-Tech add on.



"Biaya tergantung dari bahannya, terus mau sampai mana (restorasinya), contohnya untuk custom body bisa sampai Rp 20 - 30 juta," kata Budi.

Ia melanjutkan untuk yang hendak membangun secara detail hingga mengganti mesin tentu perlu mengocek kantong lebih dalam lagi.

"Biasanya yang membangun detailing secara original itu harganya memang tinggi. Terakhir BMW (2002) Rp 350 juta untuk restorasi," tutur Budi.

Selain menggunakan part yang asli, Budi mengatakan proses pengerjaan juga tergantung distribusi spare part. Saat ini BMW Astra Cilandak mengimpor dari dua negara.



"Kita biasanya mengambil spare part mobil klasik di Malaysia dan Jerman. Kalau dari Malaysia akan lebih cepat sekitar 2 minggu bisa dipasang. Tapi kalau dari Jerman agak lama karena jarak dan ketersediaannya," tutur Budi.

Ia menambahkan pengguna BMW tidak perlu khawatir akan kualitas suku cadang. Sebab BMW Astra memberikan jaminan garansi selama dua tahun.

"Sebetulnya Cilandak ini rumah bagi restorasi BMW, ini bentuk support kita kepada konsumen," tutup Budi.

Simak Video "Eraspace Adventure with BMW: Explore Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com