Rabu, 23 Okt 2019 18:23 WIB

Gubernur Edy Rahmayadi Ingin Buka Pabrik Otomotif Pertama di Sumut

Alfi Kholisdinuka - detikOto
Foto: Alfi Kholisdinuka
Medan - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan pameran otomotif berskala internasional seperti GIIAS sangat menggairahkan industri otomotif nasional termasuk di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Karenanya, ia meminta Agen Pemegang Merek (APM) untuk mendirikan pabrik otomotif pertama di Sumut.

"Saya di sini punya tanah yang cukup luas, mungkin Sumut bisa dilirik untuk dijadikan pabrik otomotif pertama. Saya akan fasilitasi dan mempermudah izin agar nantinya bisa dengan lancar mendirikan pabrik," ujar Edy di Santika Convention Center, Medan, Rabu (23/10/2019).

Edy menuturkan pendirian pabrik ini selain dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan industri otomotif juga diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat daerahnya.


"Sehingga, nantinya bisa banyak menyedot sumber daya pekerja di wilayah Sumut ini," terangnya.

Selain itu, Edy berharap jika APM membangun pabrik otomotif dapat menjadikan Sumut berada di peringkat pertama dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik yang kini masih berada pada peringkat ketujuh.

"Pertumbuhan ekonomi Sumut ini tercatat selalu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional. Ditambah kehadiran GIIAS di Medan tentu akan membawa nilai positif yang akan semakin menyokong tingkat pertumbuhan ekonomi kami," jelasnya.


Sebagai informasi, GIIAS Medan 2019 menghadirkan berbagai kendaraan terkini dari merek-merek otomotif ternama. Berlangsung selama 5 hari, delapan merek ternama seperti DFSK, Honda, Lexus, Mitsubishi Motor, Renault, Toyoto, Wuling dan VW, dipastikan siap melantai dengan cantik.

Dari kategori sepeda motor AHM juga telah memastikan kehadirannya. Selain itu, berbagai merek dari industri pendukung juga akan ikut meramaikan dan berpesta di pameran otomotif terbesar di Sumatera ini.

GIIAS Medan 2019 akan menutup rangkaian GIIAS 2019 The Series yang sebelumnya telah berlangsung di Surabaya, Jakarta, dan Makassar, yang mencatat pencapaian positif pada setiap penyelenggaraannya. Dipastikan dengan mengusung konsep baru, GIIAS 2019 The Series akan menjadi ajang bergengsi bagi para pecinta otomotif Indonesia.

Simak Video "Cara Menyeruput Teh Akar Bayam ala Pensiunan Kapten Kapal Tanjung Balai Sumatera Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com