Senin, 21 Okt 2019 10:07 WIB

Xpander Lagi Ngetop di Vietnam, Inden sampai 3 Bulan!

Ridwan Arifin - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Rengga Sancaya Mitsubishi Xpander. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Xpander dikabarkan bakal memiliki fasilitas pabrik baru di Vietnam. Hal tersebut nyatanya juga didorong permintaan orang-orang negara di sana.

Seperti yang diungkapkan Dubes RI untuk Vietnam Ibnu Hadi, Xpander sedang merasakan manisnya bulan madu di negara yang masuk ke daftar 20 besar populasi terpadat di dunia ini.


"Xpander di sana sedang nge-top, nomor satu. Jadi kalau mau beli Xpander di sana inden, tunggu 2 sampai 3 bulan," ujar Ibnu di Jakarta belum lama ini.

Ia melanjutkan dengan aturan special consumption tax yang bakal diberlakukan di Vietnam turut membuat pihak Mitsubishi mempertimbangkan untuk membangun fasilitas pabrik di sana.

Sebab bila aturan itu berlaku produk otomotif dalam negeri Vietnam bakal dikenakan pajak dengan tingkat pajak yang lebih ringan. Walhasil harga jual produk dalam negeri akan bisa bersaing dengan produk impor utuh CBU.

Kemudian didorong dengan lahirnya aturan Decree No.116/2017/ND-CP atau Decree on Requirements for Manufacturing, Assembly and Import of Motor Vehicles and Trade in Motor Vehicle Warranty and Maintenance Services.


"Makanya Krama Yudha Mitsubishi Xpander dia, bukan pindah ya, dia mau bikin fasilitas produksi Vietnam untuk menyiasati adanya ketentuan itu dan juga ketentuan Decree 116," ucap Ibnu.

Bila melihat data distribusi ekspor CBU Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Agustus 2019, dari angka penyebarannya, negara Thailand dan Vietnam paling banyak mengimpor Xpander buatan Cikarang ini. Tercatat masing-masing negara mengimpor 2.151 unit dan 2.711 unit Xpander. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com