Minggu, 20 Okt 2019 19:05 WIB

Jadi Presiden dan Wapres, Jokowi-Ma'ruf Bakal Pakai Mobil Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Daimler Foto: Daimler
Jakarta - Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2019-2024. Orang nomor satu dan nomor dua di Indonesia ini juga bakal dapat tunggangan baru Mercedes-Benz S 600 Guard.

Memang, setelah pelantikan hari ini, Jokowi dan Ma'ruf Amin belum menggunakan mobil dinas baru. Keduanya masih menggunakan Mercy S-Class lawas. Sebabnya, mobil Mercedes-Benz S 600 Guard yang baru belum dikirim ke Indonesia. Kemungkinan, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard terbaru pada tahun depan.



Nantinya, mobil tersebut bakal menemani perjalanan dinas Jokowi-Ma'ruf Amin. Lantas seperti apa ketangguhan mobil dari merek Jerman ini?

Seperti mobil pimpinan negara pada umumnya, Mercedes-Benz S 600 Guard ini dibekali beberapa fitur canggih dan keselamatan tinggi untuk penghuninya. Yang pasti S 600 Guard memiliki fitur yang lebih canggih dari S-Class standar.

Dari sisi keamanan, kendaraan ini sudah mendapatkan sertifikat VR 10 yang menjadi standar kendaraan dengan tingkat keamanan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Jadi Presiden dan Wapres, Jokowi-Ma'ruf Bakal Pakai Mobil IniFoto: Andhika Akbarayansyah


Di antaranya kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Imbasnya, penumpang bisa terbebas dari serangan senjata mesin M60.

Mercedes-Benz S-Class, S 600 Guard. Mercedes-Benz S-Class, S 600 Guard. Foto: Daimler


Fitur keamanan lainnya, mobil ini memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya. Bagian bawah mobil diberi tambahan pelat khusus yang membuat mobil tahan dari alat peledak yang ditempatkan di bawah mobil.



Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

Dari sektor dapur pacu, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang dipasang di mobil. Mesin ini sanggup membawa mobil melaju sampai kecepatan maksimum 210 km per jam.

Bannya juga sudah menggunakan teknologi anti-kempes (Run Flat Tyre) dari Michelin. Meski tekanan bannya nol, mobil masih bisa melaju sejauh sekitar 30 km.

Jadi Presiden dan Wapres, Jokowi-Ma'ruf Bakal Pakai Mobil IniFoto: Daimler


Beberapa fitur tambahan yang dipasang pada S 600 Guard adalah fitur bantuan pengemudi seperti DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot, BAS PLUS Brake, Active Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan rem parkir elektronik. Ada juga fitur Night View Assist Plus yang membuat pengendara mobil bisa melihat obyek lain dalam suasana gelap di luar mobil.

Sebelumnya Sekretariat Negara RI menyebut baru memesan dua unit Mercedez-Bens S 600 Guard sebagai kendaraan dinas VVIP kepresidenan (RI-1 dan RI-2), jumlah tersebut masih dirasa kurang.

"Tentunya kalau dua itu kan masih kurang cukup lah. Jadi standard kami kami hitung itu lima tahun ke depan itu antara idealnya sih 12 (unit) kan bapak presiden, ibu negara, pak wapres dan ibu. Kan ada empat. Masing masing itu mungkin kalau dibagi 12 dibagi dua kan enam. Enam kan harusnya kami mobilisasi. Artinya kalau bapak pres kunjungan ke luar kota kami kan harus mempersiapkan dua yang harus kita diberangkatkan ke daerah yang dituju," kata Kepala Sekretariat Presiden di Istana Heru Budi Hartono, Jumat (23/8/2019) lalu.

Simak Video "Mengintip Mobil Dinas Presiden Sukarno, Buick Super Sedan 1949"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com