Minggu, 20 Okt 2019 17:05 WIB

Sah Jadi Presiden 2019-2024, Jokowi Belum Bisa Pakai Mobil Baru

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mercedes-Benz S-Class, S 600 Guard. Foto: Daimler Mercedes-Benz S-Class, S 600 Guard. Foto: Daimler
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024. Setelah dilantik, Jokowi resmi menjabat sebagai Presiden RI untuk periode yang keduanya.

Meski sudah dilantik, Jokowi tak bisa langsung menggunakan mobil dinas kepresidenan yang baru. Jokowi diketahui masih menggunakan sedan Mercedes-Benz yang lama, warisan dari era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Presiden dan Wakil Presiden RI memang akan mendapatkan mobil dinas baru berupa Mercedes-Benz S 600 Guard. Beberapa hari lalu, Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna, mengatakan Jokowi dan Ma'ruf Amin masih menggunakan mobil kepresidenan yang lama.



Soalnya, disebutkan Mercedes-Benz S 600 Guard yang akan menjadi mobil dinas baru Presiden belum selesai diproduksi. Kemungkinan akan selesai akhir Desember ini.

Di tempat berbeda, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan kemungkinan Jokowi dan Ma'ruf baru akan menunggangi mobil baru pada tahun 2020. "Mudah-mudahan tahun depan," Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Pihak Mercedes-Benz pun sebelumnya juga mengungkapkan kalau butuh waktu hingga sembilan bulan untuk menghadirkan mobil dinas presiden itu. "Estimasi lead time (inden) dari pemesanan hingga delivery 7-9 bulan," ucap Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto.

Sah Jadi Presiden 2019-2024, Jokowi Belum Bisa Pakai Mobil BaruFoto: Daimler


Mercedes-Benz S 600 Guard ini memang biasa digunakan orang-orang penting. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S 600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.



Mercedes-Benz memang sengaja membuat S 600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

Sementara mobil presiden yang lama, Mercedes-Benz S 600 Guard warisan era SBY dinilai sudah terlalu tua. Mobil itu juga sering mogok di jalan saat digunakan. Diakui Jokowi, Mercedes-Benz S 600 Guard warisan dari Susilo Bambang Yudhoyono sudah lebih dari 10 kali mogok.

"Kendaraan yang saat ini digunakan sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan (tahun 2008 dan 2009) mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan pergantian," begitu keterangan Kemensetneg.

Sah Jadi Presiden 2019-2024, Jokowi Belum Bisa Pakai Mobil BaruFoto: Andhika Akbarayansyah


Simak Video "Saat Jokowi Duet Bareng GodBless Nyanyikan Lagu Rumah Kita"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com