Minggu, 20 Okt 2019 11:33 WIB

Cegah Mobil Terbakar, Selalu Bawa Pemadam di Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kasus mobil terbakar makin sering terjadi di jalanan Jakarta dan sekitar. Banyak hal yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Untuk pengguna mobil yang sudah berumur atau mobil sport yang gampang terbakar karena overheat ketika macet sebaiknya selalu bawa alat pemadam kebakaran (Apar) di mobilnya.

Hal tersebut diingatkan kembali oleh pebalap yang juga penggiat keselamatan berkendara Rifat Sungkar kepada detikcom.

"Kalau kita mengendarai mobil yang berisiko ada baiknya kita bawa pemadam mobil mau mobil klasik, supercar, kamu tidak pernah tahu modifikasi itu arahnya bisa ke mana," ujarnya.



Mobil super atau supercar dari sisi keamanannya beda dengan mobil balap. "Kalau mobil balap, kalau mobil sebelum safety-nya lulus dulu baru bisa balapan tapi kalau modifikasi supercar kan nggak ada scrutineering (pemeriksaaan teknis) yang bilang mobil itu safety atau belum," ujarnya.

Kebakaran mobil Raffi Ahmad diduga terjadi akibat overheat. "Menurut keterangan pengemudi, temperatur mesin meninggi (overheat)," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu mobil yang dikemudikan oleh Saliman (41) itu baru keluar dari Sirkuit Sentul, hendak menuju ke Tol Jagorawi.

Sebelum mobil Lamborghini milik Raffi Ahmad yang terbakar, di hari yang sama ada juga kasus mobil Kijang yang hangus di Madiun. Mobil itu terbakar saat hendak mengisi BBM, pengemudi mengalami luka bakar.



Lima hari sebelumnya, sebuah mobil juga ludes terbakar di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kebakaran diduga karena korsleting sistem kelistrikan di mobil tersebut.

Kebakaran mengakibatkan dua orang mengalami luka bakar. Mereka adalah pengemudi dan penumpang mobil. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com