Jumat, 18 Okt 2019 15:52 WIB

Mahindra Buat Usaha Patungan dengan Ford di Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Mahindra Foto: Luthfi Anshori Mahindra Foto: Luthfi Anshori
Bogor - Mahindra & Mahindra Ltd baru saja menunjuk RMA Group sebagai distributor resmi mereka di Indonesia. Sebelumnya, RMA Group menjadi perusahaan penyedia layanan purnajual Ford, setelah merek itu hengkang dari Indonesia 2016 lalu.

Di level prinsipal sendiri, Mahindra & Mahindra Ltd sebenarnya baru saja menyepakati kerja sama dengan Ford di India, beberapa waktu lalu.



Kedua perusahaan otomotif tersebut akan membuat perusahaan otomotif patungan dengan penguasaan saham 51 persen oleh Mahindra dan nilai investasi 275 juta USD.

Lalu dengan dipilihnya RMA yang notabene penyedia layanan purnajual Ford, apakah Mahindra juga akan melakukan strategi bisnis serupa di Indonesia?

Ditegaskan CEO RMA Group, Chris Manley, apa yang terjadi di India, tidak ada hubungannya dengan yang terjadi di Indonesia.



"Jadi Mahindra dan Ford memang baru saja melakukan joint venture di India. Dan kedua perusahaan tersebut melihat kepentingan yang sama untuk memproduksi kendaraan," kata Manley, di Bogor.

"Tapi untuk di Indonesia, distribusi produk antara Mahindra dan Ford terpisah. Benar-benar terpisah (tidak terkait dengan bisnis di India)," terang Manley.

Sebagai informasi, Mahindra & Mahindra Ltd baru saja menjalin kerja sama dengan RMA untuk mendistribusikan model pikap Scorpio Pikup Single Cab dan Double Cab. Nantinya, RMA akan bertanggung jawab untuk menjual dan memberikan layanan purnajual untuk pikap rakitan India yang dibanderol mulai Rp 200 jutaan itu.

Simak Video "Perkenalkan Mahindra Scorpio, Pikap India Seharga Rp 200 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com