Kamis, 17 Okt 2019 14:01 WIB

Intip Sedan Mewah untuk Tamu Negara di Pelantikan Jokowi

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Sebanyak 18 unit mobil Mercedes Benz disiapkan untuk tamu negara sahabat saat pelantikan Presiden Jokowi. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Deretan sedan mewah disiapkan untuk para tamu negara yang bakal hadir di pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober mendatang. Tampak berjejer 18 sedan Jerman merek Mercedes-Benz model S 450 L dan E 300 bakal menjadi angkutan bagi tamu negara.

Mercedes-Benz S 450 L disiapkan untuk kepala negara sahabat. Mercedes-Benz S 450 L memang tergolong mobil mewah yang masuk dalam jajaran S-Class. S 450 L menggendong mesin berkapasitas 3.000cc yang bisa menghasilkan tenaga setara 367 daya kuda dengan torsi 500 Nm.

Sederet fitur di dalam mobil memang cukup mumpuni untuk mengakomodir para tamu negara. Tercatat di dalam interiornya S 450 L memiliki ambient lighting dalam 64 warna, kemudian juga hands-free access.

Demi kenyamanan, sistem hiburan di dalam S 450 L sudah terintegrasi dengan ponsel, rear seat entertainment system, sound sistem dengan 26 speaker, dan sederet fitur lainnya.


Harganya pun cukup lumayan. Dalam situs resmi Mercedes-Benz Indonesia, S 450 L dibanderol Rp 2,769 miliar (OTR Jakarta).

Foto: Sebanyak 18 unit mobil Mercedes Benz disiapkan untuk tamu negara sahabat saat pelantikan Presiden Jokowi. (Andhika-detikcom)


Sedangkan model E 300 disiapkan untuk pejabat di bawah kepala negara. E 300 sendiri masuk dalam golongan menengah dalam deretan model kendaraan Mercedes-Benz. Secara kapasitas mesin pun lebih kecil dibandingkan S 450 L. E 300 dibekali mesin 2.000 cc yang memiliki tenaga setara 258 daya kuda.

Sedangkan untuk E 300, sistem hiburan berupa, Android Auto, Apple Carplay, Comand Online, Sound sistem Burnmester, Widescreen cockpit, dan wireles charging system sudah tersedia.

E 300 punya harga Rp 1,439 miliar (OTR Jakarta).


Demi menyiapkan model ini, pemerintah merogoh anggaran sebesar Rp 1 miliar. Sebagian besar mobil merupakan sewaan. Ada juga mobil yang sudah tersedia sebelumnya. Interior mobil tampak masih baru. Di bagian pelat mobil tertulis nama-nama negara. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com