Rabu, 16 Okt 2019 19:28 WIB

Kenaikan BBN, BMW: Paling Kaget Sebentar

Rizki Pratama - detikOto
BMW Seri 7 Foto: Grandyos Zafna BMW Seri 7 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Bea Balik Nama-Kendaraan Bermotor (BBN-KB) di DKI Jakarta dinaikkan dari 10 persen menjadi 12,5%. Penyesuaian ini tentu dirasakan oleh berbagai segmentasi pasar otomotif di Indonesia tak terkecuali segmen mobil mewah.

"Jelas iya (mempengaruhi) tapi itu menurut saya suatu hal yang harus kita ikuti sebagai warga negara yang baik. Kenaikan BBN kan untuk kesejahteraan rakyat juga jadi harusnya ini akan disadari," kata Vice President Sales BMW Group Indonesia, Bayu Rianto saat ditemui di Jakarta.



Sementara itu untuk konsumennya sendiri Bayu mengakui akan ada momen yang akan mengganggu penjualan. Kendati begitu, hal tersebut akan dibiasakan dengan sendirinya seiring berjalan waktu."Siklusnya nggak lama biasanya naik sebentar orang kaget habis itu selesai. Kalau pajak saya lihat di Indonesia trennya belum turun," tambahnya.

Pada dasarnya konsumen Indonesia di segmen mobil mewah dinilai Bayu dapat menerima penyesuaian BBN ini. Ia pun cukup yakin proses ini tak akan memakan waktu lama. "Penyesuaian ini yang sebetulnya diterima oleh customer. Ada suatu waktu mereka ada posisi untuk menerima dan selesai," tutupnya.

Pada penjualan sendiri BMW mengakui di pasar mobil nasional saat ini banyak 'gangguan'. Namun mereka percaya akan membaik pada semester kedua ini karena itu BMW meluncurkan mobil baru BMW 320i Sport. Sebelumnya BMW juga sudah meluncurkan Seri 7 model baru.

"Itu memang jadi salah satu strategi kami karena di semester satu banyak distorsi dan disitu membuat kita akan lebih percaya di semester kedua dan itu terbukti sebenarnya," kata Bayu.

Ia pun masih melihat peluang besar di sisa tahun 2019 yang akan berakhir kurang lebih 3 bulan lagi. BMW pun cukup optimistis dengan strategi dan langkah yang diambil sejauh ini

"Kita masih punya potensi market yang berkembang di semester dua ini dan memang harapan yang kita lihat dari apa yang dibuat pemerintah membuat kita optimis," tambah Bayu.

Sejauh ini pun ia mengaku hasil penjualan BMW mengalami perkembangan khususnya pada semester dua jika dibandingkan dengan tahun lalu di periode sama. "Yang jelas dibanding semester dua tahun lalu lebih berkembang cuma saya tidak bisa bilang spesifik angkanya," pungkasnya.

Simak Video "Lebih Dekat dengan Mobil Termewah BMW X7 'The President'"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com