Minggu, 06 Okt 2019 10:18 WIB

Orang Luar Negeri Makin Kesengsem Mobil 'Made in Indonesia'

Dina Rayanti - detikOto
Ekspor mobil buatan Indonesia. Foto: Pradita Utama Ekspor mobil buatan Indonesia. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Angka ekspor utuh alias Completely Build Up (CBU) mobil-mobil yang diproduksi di Tanah Air terus menunjukan tren positif dalam dua bulan terakhir.

Jika pada Juli 2019, ada sekitar 31.638 unit mobil yang diproduksi di Indonesia dikirim ke luar negeri, pada Agustus jumlahnya meningkat menjadi 36.401 unit seperti tercantum dalam data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).


Jumlah tersebut juga sekaligus menjadi yang terbesar sepanjang tahun 2019. Sebagai informasi, enam bulan sebelumnya rata-rata per bulannya hanya sekitar 22 ribuan unit mobil saja yang diekspor utuh ke berbagai negara.

Dengan begitu, secara total sepanjang 2019 sudah ada 205.791 unit mobil berlabel 'Made in Indonesia' melenggang di luar negeri. Gaikindo sendiri menargetkan bisa mengirim 300.000 mobil buatan RI ke mancanegara pada tahun ini.

Tentunya, dengan empat bulan waktu tersisa rasanya masih target tersebut masih cukup realistis terlebih jika pencapaiannya terus meningkat. Apalagi ada dua produsen China baru-baru ini juga mengumumkan akan mengekspor mobil yang diproduksi di Indonesia ke luar negeri.


Saat ini, mobil buatan Indonesia diekspor ke puluhan negara. Setidaknya sekitar 80 negara di dunia menerima mobil buatan Indonesia.

"Data Bank Indonesia menyebutkan, di tahun 2017 nilai ekspor otomotif menduduki posisi ke-8 komoditas ekspor unggulan non migas Indonesia dan mencapai nilai 7,1 miliar dolar. Komitmen dari industri otomotif Indonesia akan tercermin dari segi teknologi dan produk dari industri otomotif yang telah diekspor ke berbagai negara," kata Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi belum lama ini.

Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com