Rabu, 02 Okt 2019 14:10 WIB

Pekerja Pabrik Toyota Tak Turut Ramaikan Demo Buruh

Rizki Pratama - detikOto
Demo Buruh di DPR. Foto: Agung Pambudhy Demo Buruh di DPR. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Aksi buruh menyampaikan aspirasinya di depan Gedung DPR RI melibatkan Federasi Serikat Metal Pekerja Indonesia. Unjuk rasa ini menyampaikan penolakan mereka terhadap revisi UU Ketenagkerjaan.

Meski berasal dari beberapa pekerja di industri Indonesia, dari pabrik Toyota di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sendiri menyatakan tidak ada pekerjanya yang turut serta. Alasannya serikat kerja pekerja Toyota tak ada dalam gelombang massa itu adalah karena berbeda serikat kerja. Selain itu lokasi pabrik yang berada di Karawang juga menjadi faktornya.

"Tidak lah karena pabrik di Karawang. Kebetulan union kita beda federasi," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Rabu (2/10/2019).



Pabrik mobi lainnya di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mengatakan bahwa pabrik mereka tetap beroperasi seperti biasanya. Tidak ada keterangan rinci apakah ada beberapa atau sebagian pekerjanya ikut dalam aksi demo buruh hari ini.

"Di Daihatsu masih normal produksinya," jawab Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra singkat ketika dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (2/10/2019).

Dalam aksi hari ini, massa buruh membawa tuntutan menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, menolak revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan revisi PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Simak Video "Massa Petani Unjuk Rasa, Jalan Medan Merdeka Barat Ditutup!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com