Rabu, 02 Okt 2019 07:36 WIB

Ini Daftar Angka Konsumsi BBM Mobil-mobil 'Senyap' Toyota

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Camry hybrid Foto: Didik Dwi Haryanto
Bogor - Toyota saat ini memiliki beberapa line up mobil yang sudah mengalami elektrifikasi. Mulai dari kendaraan hybrid yang paling besar Alpard hybrid, Camry hybrid, C-HR hybrid, Prius sampai yang terbaru Corolla Altis. Berapa konsumsi BBM mobil-mobil yang kadang bisa melaju dalam kondisi senyap tanpa mengeluarkan suara mesin ini?

Menurut PR Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli H Sijabat, mobil sudah jauh lebih irit dari mobil BBM konvensional, bisa mencapai 20 km per liter. Line up hybrid sendiri terbagi menjadi mesin 1.800 cc pada C-HR dan Altis kemudian 2.500 cc untuk Camry dan Alphard.

"Kalau untuk yang 1.800 cc 1 banding 20 (1 liter untuk 20 km), sedangkan untuk mesin yang 2.500 cc 1 banding 19 (1 liter untuk 19 km)," ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019).



Sebagai perbandingan, untuk yang mesin konvensional, C-HR misalnya hanya membukukan angka konsumsi BBM 1liter untuk 12,3 km, jadi bedanya cukup jauh antara konvensional dan hybrid konsumsi BBM-nya.

Sementara itu dari sisi operasional, Toyota mengklaim biaya perawatan mobil pun tidak jauh berbeda antara mobil konvensional dan mobil BBM. Untuk C-HR misalnya, perawatannya dalam 50.000 km pertama hanya selisih Rp 140.000.

detikcom sendiri pernah mencoba menggunakan mobil hybrid dan memang konsumsi BBM-nya sangat irit, bisa melebihi 20 km per liter yang tadi disebutkan Rouli sebelumnya. Mobil hybrid seperti namanya menggabungkan antara mesin bensin dan motor listrik. Selain membuat lebih irit, mobil hybrid juga memiliki akselerasi yang lebih spontan karena mesin dibantu oleh tenaga dari motor listrik.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com