Minggu, 29 Sep 2019 11:02 WIB

Bakal Kena Pajak, PPnBM LCGC Takkan 0% Lagi

Rizki Pratama - detikOto
LCGC 7-seater Calya Sigra. Foto: Luthfy Syahban LCGC 7-seater Calya Sigra. Foto: Luthfy Syahban
Jakarta - Sudah dipastikan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil LCGC akan mengalami penyesuaian yang sebelumnya 0% akan diubah menjadi 3%. Tentunya angka tersebut akan mempengaruhi nilai jual kendaraan yang lahir dengan harga murah ini.

Program LCGC pun dikabarkan akan terus dijalankan dengan pajak yang akan diterapkan ini. Sedangkan kemungkinan untuk keistimewaan pajak 0% LCGC sudah tak mungkin lagi dikembalikan. PPnBM 0% itu rencananya akan dilanjutkan ke mobil dengan energi terbarukan seperti kendaraan elektrifikasi.



"Itu yang disebut harmonisasi, itu adalah bagaimana kita memberikan suatu perlakuan yang adil, sesuai dengan fuel efficiency sehingga sama-sama berkembang," demikian Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika menanggapinya ketika ditemui dalam Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2019).

Alih-ali turun, harga LCGC berpotensi mengalami kenaikan lagi di masa datang. Faktornya adalah ketika adanya inflasi dengan penyesuaian terhadap pasar.



"Dia akan penyesuaian lagi dengan 3 persen ini, dia kapan dia masuknya, tapi dia (pabrikan) kan bisa punya hak untuk menaikkan (harga LCGC), sehingga karena ada (PPnBM) 3% mungkin dia akan tunda dulu kenaikan ini, sehingga tidak ada suatu yang signifikan yang membuat shock begitu," jelasnya.

Ia menjabarkan bahwa penyesuaian harga tersebut tertuang dalam aturan program LCGC. Tentunya perubahan itu tak langsung diterapkan sebelum dikaji terlebih dahulu.

"Itu ada aturannya (kenaikan harga LCGC) yang menyesuaikan dengan inflasi itu ada, memungkinkan untuk itu. Kalau (aturan LCGC) yang baru akan revisi, karena kan disesuaikan dengan yang baru karena nantinya kami revisi, ini di bawahnya kita lihat lagi direview," tutupnya.

Simak Video "Duo Rio-David Siap Panaskan Asia Le Mans Series 2019 di Shanghai"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com