Selasa, 17 Sep 2019 20:03 WIB

Toyota New Calya Sapa Surabaya

Titania Dewanti - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan New Calya dengan 7-seater Entry Multi Purpose Vehicle (MPV). Dengan slogan "Partner in Times", kehadiran New Calya diharapkan dapat mendukung aktivitas keseharian dan bisa jadi partner yang handal pada tiap momen bersama keluarga dan kerabat.

New Calya hadir dengan varian yang menggunakan transmisi manual maupun automatic. Tampilan makin aggresive New Calya diwujudkan melalui desain eksterior anyar yang didukung oleh kehadiran fitur-fitur terbaru seperti, New LED Headlamp, New Retractable Outer Mirror (tipe G), New Front Grille Design with Dark Chrome Element, New Dark Chrome Element pada backdoor garnish, serta New Alloy Wheel Design.



"New Calya ini implementasi komitmen Toyota untuk mewujudkan Ever Better Cars yang didasari semangat Let's Go Beyond. Kehadiran New Calya kami harapkan bisa melanjutkan kesuksesan pendahulunya dalam memberikan kontribusi signifikan bagi market MPV, khususnya Entry MPV," ujar Area 3 General Manager-PT Toyota Astra Motor, M.Diky Zulkarnaen di Pandan Village, PTC, Surabaya.

Tak hanya itu, sentuhan penyegaran pada interior tak hanya untuk mewujudkan kesan lebih nyaman tapi juga meningkatkan kesan prestige. New Calya juga dilengkapi dengan fitur lainnya antara lain, New Touchscreen Head Unit (tipe G), New Audio Steering Witch (tipe G), New Under Seat Compartment Tray (tipe G A/T), Illumination on A/T Indicator (tipe G A/T), Driver Seat Back Pocket (tipe G), serta Front Console Box (tipe G).

Toyota New Calya Toyota New Calya Foto: Titania Dewanti/detikcom


Diky menambahkan bahwa bersama Avanza dan Agya, Calya merupakan mobil yang dihadirkan dalam upaya Toyota membuka market baru dalam menggairahkan pasar otomotif nasional. Jika kehadiran Avanza dan Agya untuk membuka market Low MPV dan Entry Hatchback, maka Calya ditujukan untuk membuka market Entry MPV.



"Kami optimis dan yakin bahwa New Calya ini menjadi partner yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi yang sesuai dengan keinginan dan kondisi masyarakat saat ini," tambah Diky.


New Calya Diyakini Tembus 5.300-an di Surabaya


New Calya diharapkan dapat mendukung aktivitas keseharian dan bisa jadi partner yang handal pada tiap momen bersama keluarga dan kerabat. Area 3 General Manager-PT Toyota Astra Motor, M.Diky Zulkarnaen juga mengatakan tentang target penjualan New Calya sendiri.

"Target yang dipatok secara nasional mencoba untuk menjual 5.300-an unit. Khusus untuk Jatim sendiri kita menargetkan sebanyak 600-an unit per bulan," ujar Diky.

Toyota New CalyaToyota New Calya Foto: Rifkianto Nugroho


Diky juga menjelaskan terkait promo untuk New Calya sendiri bahwa kembali lagi tergantung dari daerah-daerah terkait.

"Setiap daerah ada promo masing-masing dan berdasarkan kebutuhan konsumen, karena karakter-karakter daerah yang berbeda-beda. Tapi tentu kami selalu bisa untuk memberikan promo," tambah Diky.



Area 3 General Manager-PT Toyota Astra Motor, M.Diky Zulkarnaen mengatakan bahwa untuk tipe dari New Calya sendiri tidak ada perubahan dari ke 1,2 Tipe E STD naik menjadi 1,2 Tipe E M/T, dan terakhir 1,2 Tipe G A/T.

Diky juga menjelaskan bahwa Calya Tipe E tidak ada kenaikan harga. Calya Tipe E adalah yang paling murah. Sedangkan, yang paling mahal adalah Calya Tipe G A/T yang dipatok sebesar Rp 164 juta.

"New Calya ini implementasi komitmen Toyota untuk mewujudkan Ever Better Cars yang didasari semangat Let's Go Beyond. Kehadiran New Calya kami harapkan bisa melanjutkan kesuksesan pendahulunya dalam memberikan kontribusi signifikan bagi market MPV, khususnya Entry MPV," ujar Area 3 General Manager-PT Toyota Astra Motor, M.Diky Zulkarnaen di Pandan Village, PTC, Surabaya.

TAM memperkenalkan Calya pada Juli 2016. Enam bulan setelahnya, Calya berhasil memberikan kontribusi dalam meroketkan pasar Entry MPV dimana segmen ini menjadi 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dari unit 20.731 unit pada tahun 2015 menjadi 96.172 unit di tahun 2016. Pada Agustus 2019 atau 3 tahun setelah diluncurkan ke pasar, penjualan Calya mencapai 214.977 unit. (bdh/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com