Minggu, 15 Sep 2019 14:00 WIB

Bahaya Ban Pecah Sampai Sebabkan Kecelakaan Maut di Jagorawi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi Ban Mobil Pecah. Foto: Newspress Ilustrasi Ban Mobil Pecah. Foto: Newspress
Jakarta - Kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa kembali terjadi. Kali ini berada di Tol Jagorawi. Kecelakaan dipicu karena salah satu mobil MPV mengalami pecah ban. Disebutkan, terdapat tiga korban jiwa akibat kecelakaan ini.

Dari kasus kecelakaan ini, bisa diambil poin bahayanya ban pecah saat dikendarai. Ban mobil pecah bisa saja terjadi kapan pun kalau pengendaranya tidak mempersiapkan perjalanan yang aman. Seharusnya, sebelum berkendara, pengemudi sebaiknya mengecek lagi semua kondisi ban agar tidak terjadi ban pecah. Soalnya, ban merupakan komponen keselamatan paling penting lantaran cuma ban satu-satunya komponen kendaraan yang menempel langsung ke aspal.



Ketika ban pecah, kecelakaan fatal sebenarnya bisa dihindari. Yang terpenting adalah jangan panik ketika ban mobil pecah. Kalau panik, pengendara bisa salah mengambil langkah hingga akhirnya mobil terguling.

Dilansir laman Hyundai Indonesia, pecah ban sering terjadi ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Kalau ban pecah dalam kecepatan tinggi, pengemudi harusnya tidak langsung mengerem mendadak atau melakukan hard braking.

Soalnya, ketika salah satu ban mobil pecah maka keseimbangannya akan menjadi sulit dijaga. Saat pengemudi melakukan hard braking ketika ban pecah, mobil dapat berisiko terguling. Jadi baiknya lakukan pengereman bertahap dengan bantuan engine brake.



Caranya, turunkan posisi gigi. Misalnya sedang berada di gigi empat dapat diturunkan ke tiga agar laju mobil sedikit tertahan. Dengan bantuan engine brake itu, laju mobil bisa lebih mudah dikendalikan sehingga tidak akan terguling meskipun sedang melaju kencang.

Jadi, biarkan mobil berjalan sambil mengurangi kecepatan secara bertahap dengan bantuan engine brake dan kendalikan kemudi seperti biasa supaya mobil tak melaju ke kanan atau ke kiri yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Setelah itu, pengemudi langsung membawa mobil yang bannya pecah ke tepi jalan yang aman dari kendaraan lain. Lalu hubungi pihak terkait agar bisa segera ditangani atau keluarkan peranti penanganan pertama seperti ganti ban serep.



Simak Video "3 Orang Tewas Gegara Ban Mobil Pecah di Tol Jagorawi"

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com