Minggu, 15 Sep 2019 11:04 WIB

Mobil Hitam Paling Gelap Sedunia

Rizki Pratama - detikOto
Foto: BMW Foto: BMW
Frankfurt - Pada ajang Frankfurt Motor Show di Jerman, BMW meluncurkan generasi ketiga dari model X6. Menariknya mobil ini diberikan cat hitam paling gelap yang pernah ada di muka bumi ini.

Mobil bergaya crossover coupe ini menggunakan cat Vantablack VBX2 yang dikembangkan oleh Surrey Nanosystem untuk penggunaan antariksa. BMW X6 menjadi mobil penumpang pertama di muka bumi yang mendapatkan teknologi cat ini.



"Kami menolak sejumlah permintaan dari berbagai perusahaan mobil sebelumnya. BMW X6 dipilih karena keunikannya dan mengekspresikan ide kami," ujar Chief Technology Officer Surrey Nanosystem, Ben Jensen.

Mobil Hitam Paling Gelap SeduniaFoto: BMW


Cat Vantablack sendiri merupakan warna hitam yang mampu menghilangkan warna lain di permukaannya. Saking hitamnya, kilap lampu di panggung pameran tak dipantulkan sama sekali oleh permukaan cat mobil ini.



Vertically Aligned Nano Tube Array, singkatan Vanta ini terbuat dari struktur nanotubes karbon berbentuk silinder berukuran 14-50 mikrometer dengan diameter 20 nanometer. Untuk perbandingan mudahnya, ukuran struktur karbon ini 5.000 kali lebih tipis dari rambut manusia.

Mobil Hitam Paling Gelap SeduniaFoto: BMW
Setiap 1cm permukaan mobil ini berisikan miliaran nanotubes. Jika dilapisi pada permukaan mobil, cat ini mampu menyerap 99,965 persen cahaya. Jadi selain tidak memberikan pantulan refleksi seperti cat metalic, pearl, atau bahkan doff, cat Vantablack ini benar-benar bisa menelan cahaya yang menerpanya berdasarkan pandangan mata manusia.

Bahkan lekukan-lekukan dari desain eksterior mobil ini tak dapat dilihat dengan kasat mata. Bagian yang dapat dilihat dari mobil ini hanyalah yang tidak dilapisi Vantablack, seperti ban, lampu, grill, dan jendela.

Simak Video "Lebih Dekat dengan Mobil Termewah BMW X7 'The President'"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com