Jumat, 13 Sep 2019 11:26 WIB

Mekanik Peugeot RI Bisa Dapat Arahan dari Prancis

Ridwan Arifin - detikOto
Mekanik Peugeot melakukan diagnosis mobil Foto: Ridwan Arifin Mekanik Peugeot melakukan diagnosis mobil Foto: Ridwan Arifin
Tangerang - Diracik dengan standar dan teknologi yang berbeda, tentu saja mobil Eropa memiliki sistem yang berbeda dengan mobil Jepang. Misalnya bagian ECU pada mobil Eropa.

Peugeot, salah satu merek asal Perancis yang membuka bengkel resmi di Tanah Air menyebut hampir 100 persen penggunanya kembali ke bengkel resmi.

"Banyak yang balik lagi dari hampir 100 persen balik lagi, apalagi dia masih warranty. Mobil lama pun masih cukup banyak juga. 206 masih cukup banyak, bahkan menduduki nomor satu, unit entry ya, karena kan jumlahnya (206) banyak," ujar Aftersales Support Astra Peugeot, Samsudin di di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang.



Lebih lanjut ia mengatakan saat ini untuk melakukan perawatan terhadap mobil pelanggannya sudah mulai diterapkan komputerisasi, yakni Diagbox dan Servis Box. Alat tersebut merupakan database mengenai informasi komponen dan mendeteksi kerusakan pada mobil keluaran Peugeot.

"Diagbox merupakan alat yang digunakan aftersales untuk mendiagnosa kendaraan Peugeot, selain diagnosa fitur lainnya yaitu Operating Methode, Help in Diagnosis, Table Fault Code, Servis Box, dan Trace File Management," jelas Samsudin.

Mekanik Peugeot sudah bisa mendiagnosa kerusakan sebelum kendaraan dipreteli. Namun jika menemukan masalah yang tidak ditemukan. Samsudin mengatakan bila database helpdesk penyelesaian sudah habis dilakukan, maka bisa langsung ke pabrikan yang ada di Prancis.

"Jadi kalau tidak ada di servis box dan diagbox kita koneksi ke helpdesk. Ini ada di Malaysia, untuk wilayah Asia Tenggara, bila tidak ditemukan bisa ke level 1, yaitu pabrikan," ujar Samsudin.

Simak Video "Berdebu Ria dengan Peugeot 5008 GT Line"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com