Jumat, 13 Sep 2019 10:15 WIB

Harga Mobil Hybrid di RI Sudah Kompetitif

Ridwan Arifin - detikOto
All New Corolla Altis Hybrid. Foto: Ridwan Arifin/detikOto All New Corolla Altis Hybrid. Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Perpres RI Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai tidak menyebutkan jenis kendaraan hybrid. Namun PT Toyota Astra-Motor menyebut harga mobil hybrid yang dipasarkan saat ini sudah sesuai.

"Sebenarnya harga ini sudah kita consider yang sebaik-baiknya antara hybrid dan non-hybrid bagaimana supaya harganya affordable (terjangkau)," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra-Motor Anton Jimmi di sela-sela peluncuran Corolla Altis, di Jakarta, Kamis (12/9/2019).



Toyota sendiri masih menunggu turunan aturan yang akan dikeluarkan oleh kementerian lain, hal ini juga menyangkut pertimbangan harga. Seperti diketahui hingga Perpres ini dikeluarkan Toyota telah menjajakan mobil hybrid berupa Alphard, Camry, C-HR, dan baru meluncurkan Corolla Altis versi hybrid.

"Memang Perpres sudah keluar tapi di dalam Perpres belum dicantumkan dengan jelas mengenai peraturan apakah ada perubahan di insentif PPnBM dan lain-lain," tutur Anton.



Kendati demikian, ia tidak menutup kemungkinan bila turunan Perpres khususnya dari Kementerian Keuangan mengatur insentif pajak bisa lebih ramah, harga mobil bisa mengalami koreksi.

"Jujur kita juga berharap nanti pada saat peraturan keluar mengenai pajak dan lain-lain. Pada saat itu kita akan lebih jelas kapan waktunya dan kira-kira kriteria seperti apa yang akan bisa menikmati insentif dari pajak itu," jelas Anton.

Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com