Selasa, 10 Sep 2019 15:06 WIB

Kenalan dengan Teknologi Canggih SUV Baru Peugeot

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - PT Astra International Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) resmi mengenalkan SUV premium berkapasitas tujuh penumpang Peugeot 5008 pada pertengahan 2019, sebelumnya di tahun 2018 juga sempat mendatangkan 3008.

Aftersales Support Astra Peugeot, Samsudin menjelaskan beberapa teknologi kendaraan yang disematkan pada kendaraan Peugeot 3008 SUV & 5008 SUV yang dijual di lndonesia.

Beberapa teknologi yang dijelaskan adalah teknologi mesin E-THP (Efficient -Turbo High Pressure), teknologi transmisi EAT6 (Efficient Automatic Transmission 6), dan Advance Grip Control.



"Tidak ada perbedaan mesin di antara 3008 dan 5008," ujar Samsudin di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang Selatan, Selasa (10/9/2019).

Kenalan Sama Teknologi Canggih SUV Baru Peugeot di Tanah AirFoto: Ridwan Arifin


Kedua mobil tersebut dibekali mesin turbo 1.6 Liter Turbo yang disebutnya E-THP (Efficient Turbo High Pressure) dengan kode EP6FDTM menghasilkan tenaga sebesar 167 HP dan torsi sebesar 240 Nm. Mobil dengan mudah sampai dengan kecepatan 200 km/jam dan konsumsi bahan bakar dapat mencapai 14 Km per 1 liter bensin.

Tak hanya itu, Samsudin menjelaskan bahwa turbo yang dimiliki 5008 dan 3008 memiliki pendingin sendiri yang dinamakan turbocharged coolant untuk menghindari thermal stress.



"Digunakan untuk mendinginkan turbocharged ketika engine running dan ketika engine stopped atau mesin dalam keadaan mati. Sensor akan tetap bekerja," ujar Samsudin.

Transmisi yang digunakan Peugeot bernama EAT6 (Efficient Automatic Transmission 6) Gearbox yang merupakan transmisi otomatis 6 percepatan yang menggabungkan kenyamanan berkendara dan efisiensi.

"Dirancang untuk mengurangi emisi CO2 secara drastis dan tetap nyaman saat digunakan. Perbedaan dalam emisi dengan transmisi manual berkurang 5g/km," jelas Samsudin.

Transmisi EAT6 juga diklaim menghasilkan perpindahan gigi yang mudah dan cepat yang memberikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan di berbagai kondisi jalan. Hal ini juga dipengaruhi traditional cable-controlled yang terpasang dengan gearshift level telah digantikan oleh Gearbox selector.

"Dengan mengirimkan signal electric sesuai dengan posisi yang dipilih ECU dan actuator unit yang disebut COMELEC yang menggantikan control cable," kata Samsudin.

Kenalan Sama Teknologi Canggih SUV Baru Peugeot di Tanah AirFoto: Ridwan Arifin


Peugeot 3008 SUV & 5008 SUV juga memiliki teknologi Advanced Grip Control yaitu 5 pilihan mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan berbagai medan yang dihadapi seperti mode normal, bersalju (aktif sampai dengan kecepatan 50 km/jam).

Kemudian mode berpasir, kata Samsudin mode ini memungkinkan kendaraan tetap berjalan dengan putaran roda yang lebih sedikit dan simultan. "Mengurangi risiko pengamplesan saat melewati jalan berpasir," terang Samsudin.

Mode berlumpur (mud) disebutkan memberikan banyak putaran roda untuk menyingkirkan lumpur. "Sementara roda lainnya yang cengkeramannya lebih besar mendapat torsi yang lebih agar bisa tetap berjalan normal sehingga memenuhi keinginan pengemudi," ujar Samsudin. Semua mode dirancang dengan menggunakan sensor yang terpasang di roda depan dan belakang.

Simak Video "Berdebu Ria dengan Peugeot 5008 GT Line"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com