Jumat, 06 Sep 2019 16:53 WIB

Pesan Jokowi pada Esemka: Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi!

Andhika Prasetia - detikOto
Tanda tangan Jokowi di mobil Esemka Foto: Andhika Prasetia Tanda tangan Jokowi di mobil Esemka Foto: Andhika Prasetia
Boyolali - Presiden Joko Widodo ikut menyaksikan peluncuran mobil Esemka Bima di pabrik Esemka, Boyolali. Presiden kemudian menuliskan beberapa kata di kap mesin mobil Esemka.

"Kalau bukan sekarang kapan lagi," tulis Jokowi sambil membubuhkan tanda tangannya di mobil pikap itu.



Jokowi yang selalu diidentikkan dengan Esemka sepertinya berharap cukup banyak pada Esemka. Mobil buatan Boyolali itu akan dijual dengan harga Rp 95 juta off the road. Jadi aslinya di berbagai daerah mungkin akan mencapai ratusan juta tergantung daerahnya.

Jokowi yakin mobil Esemka laris manis di pasaran. Ia juga yakin pabrik yang didirikan mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.

"Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah test, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan, apalagi yang impor," ucapnya.

"Saya menyambut gembira beroperasinya pabrik beserta fasilitas Esemka yang semuanya dikerjakan oleh anak bangsa. PT Solo Manufaktur Kreasi ini adalah perusahaan nasional yang sepenuhnya dimiliki oleh swasta. Kendati Esemka bukan mobil nasional, sebagai produk dalam negeri, tentu kehadirannya memberikan efek penting bagi pergerakan ekonomi. Esemka akan memberikan efek berantai bagi industri pemasok otomotif lokal lainnya. Karena itulah kita semua harus mendukungnya. Apalagi produknya pun bagus, saya sudah mencobanya," tulis Jokowi di akun Instagramnya.

[Gambas:Instagram]



Menurut Menperin Airlangga Hartarto, Esemka memiliki 4 tipe mobil dan sudah mendapatkan Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) yang telah diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian untuk enam jenis kendaraan roda empat.



"Empat di antaranya merupakan kendaraan komersial tipe pick up single cabin yang diberi nama BIMA - ESEMKA, lalu satu tipe penumpang double cabin yang diberi nama DIGDAYA - ESEMKA dan satu tipe lagi kendaraan penumpang minivan dengan nama BORNEO - ESEMKA," tutur Menperin.

Pada tahun pertama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) akan memproduksi sebanyak 3.500 unit pick up Bima Esemka dengan kapasitas produksi total sebesar 12.000 unit per tahun.

Video Peluncuran Mobil Esemka Bima


[Gambas:Video 20detik]






Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com