Jumat, 06 Sep 2019 14:14 WIB

Jokowi: Esemka Wajib Dibeli, Kalau Beli yang Lain Kebangetan

Andhika Prasetia - detikOto
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Boyolali - Presiden Joko Widodo menyaksikan peluncuran mobil Esemka di pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah. Jokowi yakin mobil Esemka laris manis di pasaran. Ia juga yakin pabrik yang didirikan mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.

"Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah test, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangeten, apalagi yang impor," ucapnya di pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).



Mobil yang selalu identik dengan Jokowi itu dijual dengan harga Rp 95 juta off the road. Mobil yang diluncurkan bernama Bima, modelnya pikap. Esemka Bima memiliki kelir putih di bagian bodi, sementara grille depannya dicat hitam. Dalam brosur tertera Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm.

Secara dimensi, Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.



Jokowi memuji inovasi Esemka meski dia tahu kandungan lokal mobil belum cukup tinggi. "Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80 apalagi 100%. Tapi sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini kita harus acungi jempol keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi ini," ujar Jokowi.

Lihat video Esemka Bima yang diluncurkan di Boyolali

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com