Kamis, 05 Sep 2019 15:50 WIB

Sudah Berusia 10 Tahun, Wajar Mobil Dinas Jokowi Mogok Terus

Dina Rayanti - detikOto
Mobil dinas presiden. Foto: Ari Saputra Mobil dinas presiden. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mobil dinas kepresidenan yang ditunggangi Joko Widodo kembali mengalami kerusakan ketika Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke Tamah Digulis, Pontianak, Kalimantan Barat. Mobil itu mogok ketika dirinya sedang dalam perjalanan.

Jokowi sendiri tak ambil pusing dengan mobilnya yang kembali mogok itu. Diakui Jokowi, Mercedes-Benz S 600 Guard warisan dari Susilo Bambang Yudhoyono sudah lebih dari 10 kali mogok. Tak hanya Jokowi, SBY yang juga sempat meminjam mobil dinas tersebut mengeluhkan kondisi Mercedes-Benz S 600 Guard tak lagi prima pada September 2016.


Dalam catatan detikcom, mobil dinas Jokowi sempat beberapa kali mogok yakni pada saat kunjungan kerja yakni di Kalimantan Barat juga ketika dirinya pergi ke Gontor.

Sebagai pengingat, pemerintah memang belum mengganti mobil dinas presiden sejak zaman SBY menjabat pada tahun 2009. Dengan frekuensi pemakaian yang cukup sering dengan usia uzur, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono bahkan menyebut kerusakan pada mobil dinas Jokowi itu sudah sulit diperbaiki.

Mobil dinas JokowiMobil dinas Jokowi Foto: Ari Saputra


"Sudah wajarlah mobil sudah lebih dari 10 tahun. Umur elektronik dan suku cadangnya sudah tidak bisa dipertanggungjawabkan," ungkap Heru belum lama ini.


"Dan pernah ada indikator, kalau mobil modern kan, warna kuning merah, semua indikator hidup. Ya kan berarti nggak boleh dipakai," jelasnya lagi.

Jokowi sendiri dalam waktu dekat akan ditemani oleh mobil baru dari merek yang sama. Pemerintah telah mengumumkan bahwa dua mobil Mercedes-Benz S 600 Guard versi terbaru telah disiapkan untuk menjadi kendaraan dinas presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Hingga nantinya secara bertahap jumlah tersebut akan bertambah untuk mengakomodir kegiatan Jokowi.

Mobil Alphard yang dipakai Jokowi setelah mobil utama kepresidenan mogokMobil Alphard yang dipakai Jokowi setelah mobil utama kepresidenan mogok Foto: Mobil Alphard yang dipakai Jokowi setelah mobil utama kepresidenan mogok (Andhika Prasetia/detikcom)


Perlu diketahui, saat ini ada delapan kendaraan dinas yang disiapkan pemerintah untuk presiden dan wakilnya. Namun jumlah tersebut diklaim belum cukup untuk menemani kegiatan Jokowi saat kunjungan kerja.


"Dengan kegiatannya Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo selaku presiden yang berkeliling Indonesia, itu masih kurang karena kami harus memberangkatkan itu H-3, H-4, kami sudah berada di sana. Jadi kami harus berbagi itu 8 dan di sini juga harus ada cadangan. Di Jakarta tidak boleh tidak ada, Jakarta minimal dua satu yang operasional presiden, satu cadangan," ungkap Heru.

Mobil itu dipilih langsung oleh pemerintah dengan pertimbangan keamanan bagi orang nomor satu di Indonesia. Mobil dinas presiden memang tak sembarangan. Ada spesifikasi khusus untuk melindungi orang di dalamnya seperti lapisan antipeluru.

Mobil baru untuk JokowiMobil baru untuk Jokowi Foto: Andhika Akbarayansyah


Simak Video "Mercy untuk Tamu Negara Pelantikan Jokowi Disewa Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com