Minggu, 01 Sep 2019 16:03 WIB

Jajal Mobnas Vietnam, Mahathir Mohamad: Kayak Mobil Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
VinFast. Foto: Thierry Chesnot/Getty Images.
Hanoi - Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir Mohamad, mendapat kesempatan menyetir mobil nasional milik Vietnam, VinFast. Tak lama memang, Mahathir hanya mengendarai SUV VinFast LUX SA 2.0 selama 10 menit selama kunjungannya ke Hoa Lac Hi-Tech Park.

Dikutip dari berbagai sumber, Mahathir mengendarai mobil nasional Vietnam ditemani oleh bos Vingroup Pham Nhat Vuong dan teknisi VinFast Nguyen Anh Hieu. Mahathir juga dikasih lihat mobil nasional Vietnam lainnya, yaitu sedan VinFast Lux A2.0 dan city car VinFast Fadil.



Mahathir memberikan jempol untuk mobil nasional Vietnam. Apa komentarnya setelah menjajal mobil nasional Vietnam tersebut?

"Mobilnya sangat kuat, desainnya baik, halus seperti mobil listrik. Sayangnya saya cuma bisa mengendarai sampai 100 km/jam," kata Mahathir.



"Ini bukan hanya tentang mobil, tapi juga teknologi yang bisa dibawa kendaraan, serta kemampuan mempromosikan perkembangan sektor ekonomi lain," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, VinFast merupakan pabrikan lokal pertama di Vietnam. Versi SUV dan sedannya pernah dipamerkan di Paris Motor Show. Kedua mobil itu menggendong mesin BMW berkapasitas 2.0 liter empat silinder.

Sementara city car VinFast Fadil merupakan versi rebadge dari Vauxhall Viva/Opel Karl. Mobil itu menggendong mesin bensin 1.4 liter empat silinder dengan transmisi CVT.

Simak Video "Mahathir Mohamad Dirikan Partai Baru untuk Melayu dan Pribumi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com