Kamis, 29 Agu 2019 19:14 WIB

Mobil yang Tak Tembus Peluru AK-47, Cocok Nih Jadi Mobil Pejabat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BMW X5 Protection VR6 Foto: Dok. BMW
Jakarta - Kalangan VVIP biasanya membutuhkan kendaraan yang super aman dan tergolong mewah. Kali ini, pabrikan asal Jerman, BMW, memperbarui jajaran mobilnya yang super aman. Kini BMW X5 dengan fitur keamanan ekstra telah diperbarui.

Mobil ini adalah BMW X5 Protection VR6. Secara kasat mata memang mobil ini seperti SUV pada umumnya. Namun siapa sangka, mobil ini bisa menahan serangan peluru 7,62×39 mm dari AK-47 yang secara resmi dikenal sebagai armor level VR6.



Untuk ledakan, mobil ini bisa tahan ledakan TNT 15 kg dari jarak 4 meter.

Agar bisa tahan peluru, BMW melengkapi X5 Protection VR6 ini dengan panel baja berkekuatan tinggi di pintu, rangka samping hingga atap. Ada juga aluminium untuk menjaga bagian bawah bodi mobil dan bagasi. Jendelanya memiliki ketebalan 30 mm di bagian kaca depan, pintu dan belakang.

Mobil yang Tak Tembus Peluru AK-47, Cocok Nih Jadi Mobil PejabatFoto: Dok. BMW


BMW juga menyediakan opsi tambahan untuk mobil ini agar bisa menahan dampak dari serangan granat tangan. Ditambah lagi dengan atap lapis baja juga bisa menahan ledakan hingga 200 gram dari peledak C4.



Kalau mendapat serangan, BMW X5 Protection VR6 tetap bisa melarikan diri. Hal itu dibantu oleh mesin V8 twin turbo 4.4 liter bertenaga 523 daya kuda dengan torsi maksimal 750 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam cuma butuh 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak pada 210 km/jam.

Mobil yang Tak Tembus Peluru AK-47, Cocok Nih Jadi Mobil PejabatFoto: Dok. BMW


Ban yang membungkus pelek 20 inci memiliki dinding samping bertulang yang bisa membuat mobil tetap melaju meski ban kempis. Untuk melindungi ledakan, lapisan khusus disematkan di tangki bahan bakar.

BMW X5 Protection bisa mengangkut penumpang hingga empat orang. Interkom memungkinkan untuk berkomunikasi dengan dunia luar tanpa membahayakan penghuni. Alarm penahanan standar diaktifkan melalui tombol untuk mengunci pintu, menutup jendela, hingga menyalakan sirine dan strobo.

Belum diketahui harga pasti dari BMW X5 Protection VR6. Mungkin harganya tembus miliaran rupiah.

Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com