Rabu, 28 Agu 2019 19:21 WIB

Toyota-Suzuki Makin Mesra, Bikin Mobil Tanpa Sopir Bareng

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota RAV4 Foto: Toyota Motor Corporation
Tokyo - Toyota dan Suzuki kian erat saja. Kedua raksasa Jepang itu mengumumkan aliansi terbaru yang mencakup di dalamnya soal permodalan. Toyota-Suzuki ingin kerja sama mereka makin langgeng di berbagai bidang termasuk di bidang mobil otonom atau mobil tanpa sopir.

Dalam pernyataan yang diterima detikcom, kedua perusahaan sudah saling naksir sejak bulan Oktober 2016 lalu. Kerja sama Toyota-Suzuki makin meluas setelah pada bulan Maret tahun ini, keduanya mulai bekerja sama dalam berbagai pengembangan produk dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing. Toyota jagoan di elektrifikasi sementara Suzuki jagonya mobil kecil.



Kini keduanya sudah menyepakati untuk berusaha mengembangkan mobil otonom. Selain itu kedua perusahaan juga berencana mengambil alih saham masing-masing dalam aliansi.

Toyota akan mengambil 24.000.000 lembar Saham Suzuki (sekitar 4,94 persen dari total Saham Suzuki) senilai 96 miliar yen. Sebaliknya Suzuki akan membeli saham Toyota di pasaran senilai 48 miliar yen.

Sebelumnya Toyota dan Suzuki sudah bekerja sama dalam pengembangan produk. Mobil seperti Suzuki Ertiga dan Baleno juga dijual oleh Toyota. Baleno ala Toyota dijual dengan nama Toyota Glanza. Sementara Suzuki menjual mobil andalan Toyota seperti RAV4 di negara Eropa.



Berikut 8 poin kerja sama Toyota-Suzuki yang sudah lebih dulu diumumkan beberapa bulan lalu:

1. Toyota menyuplai THS (Toyota Hybrid System) kepada Suzuki untuk pasar global.
2. Toyota memberikan teknologi hybrid electric vehicle (HEV) di India. Komponen yang dibutuhkan untuk sistem HEV seperti mesin dan baterai akan diproduksi di India.
3. Toyota menyuplai mobil RAV4, Corolla Wagon kepada Suzuki untuk pasar Eropa.
4. Suzuki menyediakan mobil Ciaz dan Ertiga untuk Toyota di pasar India.
5. Toyota mengadopsi mesin Suzuki yang digunakan di mobil kecil. Mesin itu akan didukung kompnen dari Denso dan Toyota dan akan diproduksi di pabrik Toyota Polandia.
6. Toyota mendapatkan suplai mobil Baleno, Vitara Brezza, Ciaz dan Ertiga untuk pasar Afrika.
7. Untuk pasar India, Toyota memanfaatkan keahlian Suzuki untuk mengembangkan mobil MPV di kelas C-Segmen. Mobil akan disuplai untuk Suzuki.
8. Mobil SUV Vitara Brezza akan diproduksi oleh Toyota di pabrik Toyota Kirloskar Motor Pvt. Ltd. (TKM) India mulai tahun 2022.



Simak Video "Mobil Tanpa Sopir Versi Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com