Selasa, 27 Agu 2019 10:36 WIB

Suzuki Indonesia Desak Prinsipal Agar Bisa Produksi Jimny

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia menyatakan serius ingin menggarap alias memproduksi Jimny di Indonesia. Bahkan Suzuki Indonesia meminta kepada prinsipal Suzuki di Jepang untuk segera memutuskan, apakah Indonesia diizinkan memproduksi Jimny atau tidak.

"Kita masih rebutan (dengan India-red), secepat mungkin kita minta untuk bisa produksi, agar secepatnya diputuskan (produksi Jimny atau tidak-Red)," ujar Direktur Marketing PT SIS, Donny Saputra, pada ajang All New Ertiga Tripventure, Cikarang-Cirebon, 27 Agustus 2019.

Donny menilai jika dibandingkan dengan India, Indonesia memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa memproduksi Suzuki Jimny.



"Di Jepang kapasitasnya hanya 50 unit per tahun, dan di sana sudah full capacity. Begitu juga dengan di India, di sana juga sudah full, sedangkan di Indonesia pabrik Suzuki di Cikarang saja baru ada satu shift," kata Donny.

Suzuki Indonesia Desak Prinsipal Agar Bisa Produksi JimnyFoto: Ari Saputra


Sebagai catatan saat ini Suzuki Jimny di Indonesia memiliki banderol termurah Rp 315 juta. Dengan harga cukup mahal tersebut, apa teknologi dan fitur yang bisa didapat calon konsumen Suzuki Jimny? Apakah mobil ini hanya menjual tampang dan sisi emosional belaka?

Ternyata tidak, sebab mobil yang diimpor utuh dari Jepang ini sudah dibekali sejumlah fitur keamanan dan teknologi terkini. Misalnya dari sisi eksterior sudah dilengkapi LED projector headlamp dengan leveling dan headlamp washer. Mobil ini juga sudah dilengkapi foglamp yang bisa membantu pencahayaan pada kondisi jalan berkabut.



Bergeser ke bagian interior, Suzuki Jimny sudah menggunakan head unit 6,8" yang dilengkapi fitur USB, Bluetooth, dan smartphone connection. Mobil ini juga sudah memiliki AC Auto Climate with Heater, yang bisa untuk mengatur temperatur secara otomatis untuk kenyamanan selama perjalanan. Fitur lain yang cukup penting di mobil ini adalah cruise control.

Interior Suzuki Jimny. Interior Suzuki Jimny. Foto: Ari Saputra


Sementara dari sisi safety, Suzuki Jimny sudah dilengkapi dual SRS airbags, Brake LSD Traction Control, Electronic Stability Program (ESP), sistem ABS, Brake Asisst (BA), Isofix, Hill Hold Control (HHC) dan Hill Descent Control (HDC). Dua fitur yang disebut terakhir punya fungsi mengaktifkan rem secara otomatis. HHC akan mengaktifkan rem saat menanjak dan mencegah mobil bergerak mundur selama 2 detik. Sedangkan HDC, akan menjalankan rem otomatis dan menahan kecepatan pada 10 km/jam saat mode 4H atau 5 km/jam saat mode 4L.

Sedikit bicara dapur pacu, Suzuki Jimny dibekali mesin kapasitas 1.462 cc, dengan diameter x langkah 74 mm x 85. Mesin ini sanggup memuntahkan power 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga mesin tersebut disalurkan ke 4 roda dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Suzuki Jimny dijual dalam 5 pilihan warna single tone dan 3 pilihan warna dual tone. Untuk harganya, varian MT single tone dibanderol Rp 315.500.000, AT single tone Rp 328.000.000, MT dual tone Rp 317.500.000, dan AT dual tone Rp 330.000.000.

Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com