Minggu, 25 Agu 2019 18:03 WIB

Mobil Mahal Para Pemimpin Negara, Kendaraan Dinas Jokowi Termasuk?

dry - detikOto
Iring-iringan presiden Trump. Foto: VN Express Iring-iringan presiden Trump. Foto: VN Express
Jakarta - Sebagai orang nomor satu di sebuah negara, wajar jika seorang presiden atau pemimpin negara berada di dalam mobil dengan fitur teraman. Fiturnya pun berbeda dari mobil yang dijual pada umumnya.

Fitur-fitur keamanan itu tak murah. Berkat fitur keamanan di dalam mobil, harga tunggangan untuk seorang pemimpin negara bisa melambung tinggi. Di dunia, ada lima pemimpin negara dengan mobil termahal di dunia karena fiturnya. Siapa saja pemimpin tersebut? Berikut daftarnya seperti diurutkan oleh situs Business Insider dan berbagai sumber lainnya, Minggu (25/8/2019).


Pertama ada tunggangan pemuka agama Vatikan Paus Fransiskus. Ia menumpangi Mercedes-Benz M Class yang telah dikustom dengan lapisan antipeluru. Mobil ditaksir memiliki harga sekitar 400.000 Poundsterling atau kalau dirupiahkan setara Rp 6,8 miliar.

Mercedes-Benz M-Class yang ditunggangi Paus Fransiskus ini punya fitur Run-Flat tyre, antibom di bagian bawah mobil, jendela antipeluru, dan suplai oksigen di dalam kabin. Dengan run-flat tyre, memungkinkan mobil masih bisa terus berjalan pada kecepatan 70 km/jam meski kondisinya kempes.

Di atas Paus Fransiskus, ada mobil dinas Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin yang semula menggunakan limusin Jerman Mercedes-Benz, mulai tahun lalu beralih untuk menunggangi mobil buatan negerinya sendiri, Aurus Senat. Ini merupakan kali perdana dalam satu dekade terakhir, presiden Rusia menumpangi mobil buatan negerinya sendiri.


Aurus Senat terlihat pertama kali saat upacara inagurasi terpilihnya kembali Putin sebagai orang nomor wahid di Rusia. Aurus Senat merupakan buah kerja sama antara produsen Jerman Porsche dan Institut Rusia NAMI.

Foto: RT


Tak diketahui dengan jelas fitur keamanan apa saja yang ada di dalam mobil Putin. Yang jelas mobil dengan bobot 6 ton ini punya fitur lapisan antipeluru, seat belt yang bisa mengencang dengan otomatis, juga kamera berkemampuan night vision.

Mobil dinas Putin ini ditaksir punya harga setara 440.000 Poundsterling atau setara dengan Rp 7,5 miliar.

Mirip-mirip dengan Putin, mobil Mercedes-Benz S 600 Guard yang bakal dikenakan Presiden Indonesia Joko Widodo pun ditaksir punya harga sekitar Rp 7,5 miliar jika dirupiahkan. Tak diketahui pasti berapa harga mobil karena baik pihak Istana maupun sang produsen memilih bungkam karena demi menjaga kerahasiaan negara. Belum lagi ada fitur keamanan untuk melindungi sang presiden bisa jadi harganya semakin melambung atau bahkan lebih rendah.


Tapi perlu dicatat harga itu merupakan banderolan saat mobil pertama kali meluncur di tahun 2016 dan pada model Mercedes-Maybach S 600 Guard. Sementara menurut pihak Istana, mobil kepresidenan yang akan ditunggangi Jokowi adalah Mercedes-Benz S 600 Guard.

Mobil Mahal Para Pemimpin Negara, Mobil Dinas Jokowi Ada? Foto: Daimler


China juga memiliki mobil paling mahal di negara yang diperuntukan bagi sang presiden. Mobil tersebut adalah Hongqi L5 yang saat ini digunakan sebagai mobil presiden Xi Jin Ping. Merek Hongqi sudah menjadi kendaraan dinas presiden China sejak tahun 1960-an. Tak kalah dengan berbagai merek mobil top dunia, Hongqi L5 ini memiliki banderol 651 ribu Poundsterling atau setara Rp 11,3 miliaran.

Mobil dinas pemimpin negara termahal selanjutnya ditempati oleh Cadillac One alias 'The Beast'. 'The Beast' merupakan kendaraan kepresidenan Amerika Serikat. Memiliki bodi berbasis truk, 'The Beast' juga dilapisi antipeluru di bagian jendela dan pintunya. Di bagian jendela, ketebalan lapisan antipelurunya mencapai 5 inchi, sedangkan yang terpasang di pintu tebalnya 8 inchi.

Foto: REUTERS/Carlos Barria


Bobotnya yang berat karena mengusung bodi seperti truk membuat 'The Beast' juga boros bahan bakar. Sang produsen juga telah membekali 'The Beast' dengan segala fitur yang memungkinkan mobil bisa melintas di huru-hara tanpa perlu untuk cemas.

Fitur keamanan pada 'The Beast' yang kini ditunggangi Donald Trump melekat hampir di seluruh bodi mobil. Fitur-fiturnya antara lain, ban kevlar, gas air mata, hingga kantung darah yang sesuai golongan darah sang presiden pun ada di dalam 'The Beast'.


Dengan segudang fitur keamanan itu tak heran jika 'The Beast' diramal punya harga sekitar 1,2 juta Poundsterling atau setara Rp 20,5 miliar.

Meski punya banderol harga hingga puluhan miliar, 'The Beast' tunggangan Donald Trump masih kalah mahal dari Bentley State Limusin Ratu Elizabeth II. Mobil khas kerajaan Inggris ini ditaksir punya harga mencapai 11 juta Poundsterling atau jika dirupiahkan mencapai Rp 188 miliar. Wow!

Seperti halnya mobil untuk orang nomor satu di sebuah negara, Bentley State limusin Ratu Elizabeth II ini dibekali fitur keamanan berupa ban Kevlar, lapisan antipeluru di sekujur bodi mobil, kabin yang bisa mengisolasi serangan gas, dan jendela yang tak tembus peluru.

Simak Video "Muak dengan Donald Trump, Rihanna: Dia Manusia Paling Sakit Jiwa!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com