Rabu, 21 Agu 2019 14:30 WIB

Uang Ratusan Miliar Mengucur untuk Mobil Menteri-menteri Jokowi

Dina Rayanti - detikOto
Mobil menteri di era Kabinet Kerja. Foto: Lamhot Aritonang Mobil menteri di era Kabinet Kerja. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp 152.540.300.000 untuk pengadaan mobil bagi menteri-menteri pembantu presiden terpilih Joko Widodo. Hal itu terungkap dalam situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Keuangan.

Dari 41 perusahaan yang mengikuti lelang pengadaan mobil menteri PT Astra International Tbk TSO menjadi pemenangnya karena lolos persyaratan administrasi maupun teknis. PT Astra International Tbk TSO diketahui memberikan harga penawaran Rp 147.229.317.000 dan diputuskan menjadi pemenang. Tak dijelaskan berapa jumlah mobil yang bakal disediakan Astra International untuk kendaraan dinas menteri.


PT Astra International Tbk TSO menjalin kerja sama dengan Toyota Motor Corporation diketahui menaungi merek-merek mobil Jepang yakni Toyota. Kemungkinan besar mobil dinas baru menteri-menteri Jokowi masih berasal dari merek Toyota. Namun saat dikonfirmasi, pihak Toyota enggan memberikan komentarnya.

Merek Toyota memang cukup melekat sebagai kendaraan dinas menteri. Dalam catatan detikcom, mobil sedan Toyota sudah beberapa kali menemani para menteri pembantu presiden dalam pekerjaannya sehari-hari.

Toyota mulai digunakan sebagai kendaraan dinas menteri sejak era kepemimpinan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Kala itu sedan Camry yang terpilih untuk menemani para menteri bertugas. Kemudian dari Camry, para menteri beralih menggunakan mobil dinas berupa Toyota Crown Royal Saloon G. Masih dari kalangan sedan, Toyota Crown Royal Saloon G berada satu tingkat lebih tinggi daripada Camry.





Simak Video "Pimpinan DPR-MPR Sudah Gunakan Mobil Dinas Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com