Rabu, 21 Agu 2019 12:08 WIB

Selain Jokowi, Menteri-menterinya Juga Bakal Dapat Mobil Baru

Dina Rayanti - detikOto
Mobil menteri di era Kabinet Kerja. Foto: Lamhot Aritonang Mobil menteri di era Kabinet Kerja. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Dua produsen Jerman tengah berebut untuk menjadi kendaraan orang nomor satu di Indonesia. Nantinya salah satu di antara mobil teraman dari BMW atau Mercedes-Benz, bakal digunakan oleh presiden terpilih Joko Widodo di periode masa jabatan 2019-2024.

Tapi tak cuma Jokowi yang bakal menggunakan mobil baru. Deretan menteri di bawah Jokowi pun bakal menunggangi mobil dinas baru. Tercatat dalam situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan, deretan menteri negara/pejabat setingkat menteri akan mendapatkan mobil baru.



Anggaran APBN 2019 sebesar Rp 152.540.300.000 disiapkan untuk penyediaan kendaraan baru para menteri yang bakal membantu Jokowi. Ada 41 peserta yang mengikuti lelang untuk pengadaan barang bagi para menteri Jokowi.

Namun hanya empat yang lolos secara administrasi dan tiga lolos teknis. Keempat perusahaan tersebut adalah PT Astra International TBK TSO, PT Hadji Kalla, PT New Ratna motor, dan PT Agung Automall. Sedangkan yang dinyatakan sebagai pemenang adalah PT Astra International TBK-TSO dengan harga penawaran Rp 147.229.317.000.

Ketiga sisanya tidak lolos karena berbagai alasan seperti penawaran harga melebih Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan juga tidak melampirkan jadwal pelaksanaan pekerjaan.


Sebelum mendapat mobil baru, para menteri Jokowi diketahui menumpangi Toyota Camry. Camry sendiri sudah pernah menemani para menteri pembantu presiden bertugas. Kemudian kehadiran Camry tergantikan dengan Crown Royal Saloon yang sekelas lebih tinggi dari pada Camry.


Tonton juga video oto lainnya soal puluhan fitur baru pada X-Trail 2019 berikut ini:

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com