Senin, 19 Agu 2019 17:42 WIB

Biar Nyaman, Kendaraan Tempur Pindad Sudah Matik dan Ber-AC

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dikhy Sasra Foto: Dikhy Sasra
Bandung - Kenyamanan berkendara tidak hanya dimiliki oleh mobil penumpang. Mobil yang digunakan untuk terjun ke medan perang pun perlu menyediakan kenyamanan bagi personelnya sehingga dapat fokus dalam menyelesaikan misinya.

PT Pindad (Persero) sendiri menyadari hal tersebut dengan melakukan beragam inovasi seperti penggunaan transmisi otomatis hingga penyejuk kabin berupa AC.

"Matik jadi lebih mudah, saya aja bisa udah pernah nyoba. Matik, AC ada sehingga akan lebih nyaman bagi mereka untuk ke medan tempur," papar Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose saat ditemui di Bandung, Jawa Barat.



Dengan demikian tugas pengoperasian kendaraan tempur pun menjadi lebih ringan. Aplikasi transmisi otomatis ini tentu akan sangat dibutuhkan mengingat kondisi ekstrem yang harus dilewati oleh para prajurit.

"Biar lebih mudah operasi TNI kan bisa dikatakan di medan yang udah susah panas dan lain-lain. Kalau mereka akhirnya sibuk dengan kondisi itu malah repot maka lebih baik kita bikin kondisi kendaraan lebih enak," tambahnya.



Meski begitu, Mose menegaskan bahwa kenyamanan bukanlah syarat utama dalam pembuatan kendaraan tempur. Menurutnya kendaraan tempur tetap harus mengedepankan fungsi utamanya sebagai kendaraan militer seperti kemampuan manuver dan ketahanannya.

"Memang kenyamanan itu poin kedua, yang paling penting adalah bagaimana manuvernya, intercept, melengkapi BMS (Battlefield Management System), firing control dengan canon seperti apa," tuturnya.

Transmisi matik ini sudah dapat ditemukan dalam model Anoa 6x6 yang juga merupakan produk andalan dari PT Pindad (Persero).

Simak Video "Menjajal Ketangguhan Kendaraan Tempur Anoa"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com