Rabu, 14 Agu 2019 12:32 WIB

Pengguna Kendaraan Listrik Akan Dipermudah Akses SPLU

Luthfi Anshori - detikOto
SPLU PLN. Foto: Luthfi Anshori SPLU PLN. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) jadi fasilitas penting yang dibutuhkan di ekosistem kendaraan ramah lingkungan. Oleh sebab itu, jumlahnya harus banyak supaya bisa menjangkau banyak pengguna kendaraan listrik. Selain itu, akses dan mekanisme pembayarannya juga harus dipermudah.

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Tris Yanuarsyah, mengatakan konsumen bisa mencari titik SPLU milik PLN hanya dengan mengandalkan peta digital online di smartphone.



"Bisa dicek di Google Maps dengan keyword SPLU PLN. Nanti akan kelihatan di situ. Jumlahnya akan terus kami tambah seiring dengan evaluasi demand di masyarakat," kata Tris kepada detikcom di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

SPLU PLN. SPLU PLN. Foto: Luthfi Anshori


Sementara untuk mekanisme pembayaran di SPLU PLN, sama dengan meter listrik prabayar yang menggunakan token. Jika konsumen ingin menggunakan listrik dari SPLU, dapat mengisi token berdasarkan nomor meter yang ada di SPLU yang akan digunakan dan kemudian memasukkan nomor token yang didapatkan ke SPLU tersebut.



"Kami juga akan terus menyesuaikan model dan teknologi dari unit SPLU kami dengan kebutuhan masyarakat. Untuk ke depan, kami akan mengembangkan teknologi pembelian token SPLU dengan cara tap NFC (Near Field Communication) atau dengan dukungan teknologi fintech," ujar Tris.

Kemudahan mengecas kendaraan listrik juga bisa ditemui di SPLU milik BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di Thamrin Jakarta. Bahkan di SPLU ini masih dibebaskan tarif, artinya konsumen tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menikmati fasilitas tersebut.

"Yang penting, kontak kita aja. Dan untuk mengaktifkan alat pengisian baterai tersebut harus pakai smart card. Salah satunya KTP," kata Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi BPPT, Mohammad Mustofa Sarinanto.

Simak Video "Melihat Tempat Ngecas Mobil Listrik di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com