Rabu, 14 Agu 2019 09:59 WIB

Mobil Listrik Diharap Bisa Gratis Parkir, Ini Kata Anies

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Aturan saja tak cukup untuk membuat masyarakat Indonesia beralih dari mobil berbahan bakar konvensional ke tenaga listrik. Untuk mendorongnya, dibutuhkan insentif sehingga masyarakat mau berbondong-bondong beralih ke mobil listrik.

Saat ini salah satu insentif yang mulai diberlakukan adalah mobil listrik bebas melintas di jalu ganjil-genap Jakarta. Alasannya mobil tak memiliki emisi sehingga tak memberikan kontribusi negatif bagi polusi udara Jakarta.


Pajak Penjualan Mobil Mewah alias PPnBM mobil listrik juga dinolkan. Diharapkan harga jualnya bisa lebih terjangkau sama dengan mobil-mobil konvensional lainnya.

Insentif lain yang diharapkan bisa diberikan kepada pengguna mobil listrik adalah parkir gratis. Hal itu sempat diutarakan presiden Joko Widodo beberapa hari lalu.

"Ganjil-genap bebas untuk mobil listrik. Nah itu (mobil listrik bebas ganjil-genap) bisa jadi insentif. Mungkin saja nanti parkirnya digratisin," ucap Jokowi saat itu.

Namun tampaknya menggratiskan tarif parkir masih belum bisa diterapkan kepada pemilik mobil listrik. Gubernur Jakarta Anies Baswedan menegaskan tarif parkir bakal disesuaikan sesuai dengan emisi yang dikeluarkan kendaraan itu.

"Jadi parkir itu nanti akan ada variasi harga. Anda lolos uji emisi atau tidak, Anda menggunakan listrik atau tidak. Jadi bukan hanya lihat listriknya," ujar Anies dikutip dari detiknews.


Pembedaan harga parkir dilakukan untuk menjaga kualitas udara Jakarta. Selain itu, diharapkan masyarakat beralih ke transportasi umum.

"Jadi kita nanti akan ada perbedaan-perbedaan harga terkait dengan usaha kita membuat Jakarta lebih bersih dan membuat Jakarta lebih banyak warga menggunakan kendaraan umum," ucap Anies.

Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com