Selasa, 13 Agu 2019 15:35 WIB

Mengenal Mobil Listrik yang Dipakai Bamsoet saat Bertemu Jokowi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil listrik Tesla milik Bamsoet. Foto: Andhika Prasetia/detikcom Mobil listrik Tesla milik Bamsoet. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memang sudah lama menggunakan mobil listrik, meski peraturan soal mobil listrik yang disebut sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum diketahui isinya. Bahkan, pria yang akrab disapa Bamsoet itu datang bertemu Jokowi menggunakan mobil listrik berkelir putih.

Mobil listrik itu adalah jenis sedan produksi pabrikan Amerika Serikat, Tesla Model S. Di Indonesia, mobil listrik Tesla dijual oleh importir umum yang berbasis di Pluit, Jakarta Utara, Prestige Image Motorcars.



Tesla yang dipakai Bamsoet saat bertemu Jokowi adalah Tesla Model S P60D. Mobil itu ditenagai oleh motor listrik 60 kWh. Tenaganya disimpan di dalam baterai lithium ion.

Tesla Model S. Tesla Model S. Foto: Dina Rayanti


Performa sebuah mobil listrik Tesla Model S P60D ini cukup mumpuni. Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 96 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 5,2 detik. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 210 km/jam.

Tenaganya juga besar setara dengan 382 daya kuda dan torsi 430 Nm.



Tapi Tesla Model S P60D kurang diminati di luar sana. Hanya setahun dijual di pasaran (2016-2017), Tesla menarik dua modelnya termasuk P60D. Posisinya tergantikan oleh Model S lain yang berkapasitas 75 kWh.

Bamsoet tak hanya punya Tesla versi sedan. Diketahui politikus dari Partai Golkar itu juga telah membeli Tesla versi SUV dalam bentuk Tesla Model X. SUV Tesla Model X punya ciri khas yang unik, yaitu pintunya yang terbuka ke atas.

Tesla Model X Bamsoet. Tesla Model X Bamsoet. Foto: Rangga Rahadiansyah


Bamsoet sengaja pergi wara-wiri menggunakan mobil listrik. Tujuannya agar mencontohkan masyarakat Indonesia untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar konvensional ke listrik.

"Saya ingin mendorong agar rakyat kita ini mulai migrasi dari bahan bakar minyak ke listrik nah ini kan juga keinginan Pak Presiden untuk masa depan kita," kata Bamsoet di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (13/8/2019).

Simak Video "Sah! Bamsoet Jadi Ketua MPR, Ini Profilnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com