Rabu, 07 Agu 2019 19:32 WIB

Porsche Sita Ratusan Ribu Suku Cadang Palsu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Stuttgart - Porsche merazia suku cadang palsu yang dibanderol lebih murah. Porsche menilai pasar suku cadang palsu sedang marak.

Porsche meminta tim petugas perlindungan merek untuk memburu suku cadang palsu. Porsche telah menyita lebih dari 200.000 item suku cadang palsu. Suku cadang palsu yang disita tersebut memiliki nilai hampir USD 67,2 juta.



Sejumlah barang palsu dijual secara online. Namun, Porsche juga mencatat barang-barang seperti kaus, topi dan kacamata hitam palsu muncul di toko mainan di Hong Kong hingga di Stuttgart, Jerman.

Disebutkan, pemalsu juga memproduksi suku cadang mulai dari airbag, rem cakram hingga roda. Hal ini berpotensi bermasalah karena komponen palsu tersebut belum pernah diuji.



Sekitar 80 persen barang palsu berasal dari China. Banyak di antaranya diproduksi di Shenzhen. Tim pun beberapa kali ke China untuk menggerebek produksi barang palsu yang mengatasnamakan Porsche.

Biasanya komponen palsu itu dibanderol jauh lebih murah daripada harga normal. Atau, ada juga yang menjiplak logo Porsche tapi kurang rapi.

Selain komponen otomotif, banyak barang palsu berupa aksesori gaya hidup bermerek Porsche. Tapi anehnya di Turki, telah disita ribuan pil disfungsi ereksi berbentuk seperti lambang Porsche.

Simak Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com