Rabu, 07 Agu 2019 10:28 WIB

Pasarnya Mulai Redup, LCGC Butuh Sesuatu

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Di awal kelahirannya mobil Low Cost and Green Car (LCGC) sempat jadi primadona konsumen Indonesia. Namun belakangan ini, pamor kendaraan yang diklaim lebih ramah lingkungan itu mulai meredup dan tidak lagi semenarik dulu.

Sedikit membincang data, menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2019 distribusi wholesales LCGC keseluruhan tercatat 100.792 unit. Padahal pada periode yang sama tahun 2018, distribusi LCGC bisa menyentuh 136.017 unit. Artinya ada penurunan yang cukup besar.



Menanggapi hal ini Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan pasar LCGC sudah tidak bisa meningkat lagi.

"Karena kalau bicara lifecycle, pasar LCGC sudah mature customernya. Nah itu mungkin perlu something (sesuatu supaya pasar bisa naik lagi)," ujar Soerjo kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Ditanya apakah konsumen di pasar LCGC sudah mulai bosan dengan model yang ada, Soerjo menolak anggapan tersebut. Pasar LCGC 5-seater memang turun dikarenakan konsumen lebih memilih LCGC 7-seater.



"Kalau di tahun ini karena saat lebaran itu, orang cari kendaraan lebih untuk pulang mudik. Makanya Calya-nya laku 5.000-an," jelasnya lagi.

Sebelumnya Soerjo juga pernah mengeluarkan pernyataan bahwa LCGC bukan merupakan produk gagal karena angka penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun.

"Nggak gagal. Kenapa saya jawab nggak gagal, kalau nggak ada itu (LCGC), nggak akan ada market (penjualan mobil per tahun) 1 juta (unit). Karena tadi (penjualan LCGC) 200 ribu (unit per tahun). Kalau nggak ada LCGC paling (penjualan mobil secara keseluruhan) cuma 700-800 ribu, nggak pernah 1 juta unit," jawab Soerjo.


Pasarnya Mulai Redup, LCGC Butuh Sesuatu


Simak Video "Warga Lokal Hingga Asing Meriahkan Festival Sebangsa Denpasar "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com