Kalau Pajak LCGC Naik, Daihatsu Harap Tak Berdampak Besar

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 06 Agu 2019 10:35 WIB
Foto: Ari Saputra
Yogyakarta - Pamor LCGC semakin turun ditambah dengan rencana suntikan PPnBM sebesar 3% membuat nasibnya kini berada di ujung tanduk. Belum lagi dari tahun ke tahun harga jual mobil ini perlahan telah mengalami peningkatan.

Daihatsu sebagai salah satu pemain di pasar ini tidak merasa terlalu terancam meskipun lebih dari setengah penjualan mereka berasal dari mobil LCGC seperti Sigra dan Ayla. Kedua mobil tersebut jika digabungkan kini rata-rata berkontribusi sebanyak 43% penjualan Daihatsu di Indonesia.

Kalau Pajak LCGC Naik, Daihatsu Harap Tak Berdampak BesarFoto: Dina Rayanti


"Daihatsu sekali lagi LCGC-nya tidak sebesar penurunan market sehinga bisa jual lebih banyak (dari merek lain). Sigra dan Ayla merupakan kontributor penjualan tertingi dari Daihatsu, Sigra 29 persen, Ayla 14 persnen kalau digabung 43 persen terhadap Daihatsu sehingga sangat menberikan kontribusi total penjualan Daihatsu," kata Division Head Marketing & CR PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso saat ditemui dalam kegiatan Sedulur Daihatsu di Yogyakarta, Sabtu (3/8/2019).



Ia pun mengakui, PPnBM LCGC yang semula 0% dan akan menjadi 3% ini memang akan berpengrauh besar terhadap konsumennya. Namun ia melihat perekonomian masyarakat Indonesia akan terus tembuh sehingga akan beriringan dengan aturan ini. Oleh karena itu Hendra yakin hal ini tidak akan memberikan dampak besar.

"Dampaknya dari kenaikan PPnBM tentunya pada harga jual. Kenaikan harga jual harus diserap oleh konsumen. Kalau ini dikeluarkan biasanya berlaku dua tahun setelah ditandatangani, kita harap saat aturan berlaku masyarakat Indonesia memiliki daya beli semakin meningkat," ujar Hendra.

"Sehinga ketika terjadi kenaikan PPnBM LCGC masyarakat bisa menyerapnya dengan baik. Kita harapkan ini tidak memberikan dampak besar," tambahnya.

Simak Video "Batal Naik! Harga LCGC Masih Sama, Belum Terpengaruh Pajak Emisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)