Jumat, 02 Agu 2019 11:04 WIB

Melirik Penjualan Avanza Cs, Mana yang Terlaris?

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Low MPV. Foto: Grandyos Zafna Mobil Low MPV. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mobil-mobil di segmen Low MPV masih mendominasi penjualan di Tanah Air. Perlu diketahui ada tujuh model Low MPV yang ditawarkan oleh pabrikan berbeda. Toyota memiliki Avanza, Daihatsu dengan Xenia, Mitsubishi lewat Xpander, Wuling punya Confero, Nissan menawarkan Livina, Honda coba goda dengan Mobilio, juga Suzuki melalui Ertiga.

Terlihat dari ketujuh model yang ditawarkan tujuh pabrikan, keseluruhannya masuk dalam daftar mobil terlaris sepanjang enam bulan pertama tahun 2019.

Meski sepanjang Juni 2019 Avanza harus mengalah dari Xpander, tapi secara keseluruhan mobil sejuta umat masih menjadi yang terlaris. Dalam enam bulan pertama tahun 2019, 35.841 unit Avanza terdistribusi secara wholesales seperti dikutip dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).



Di bawah Avanza duduk Xpander. Sebanyak 32.213 unit Xpander terdistribusi pada periode yang sama.

Meski memiliki wajah yang sangat identik, Daihatsu Xenia tak lantas menjadi paling laris kedua setelah kembarannya Avanza. Xenia justru harus puas di tempat ketiga dengan pencapaian sebanyak 13.293 unit.

Wajah baru Ertiga yang meluncur pada 2018 tampaknya cukup berpengaruh untuk menjaga para pencintanya agar tak lari ke model lain. Ertiga duduk di tempat keempat dengan angka distribusi sebesar 11.603 unit.



Kemudian ada juga Mobilio yang berada satu tingkat di bawah Ertiga. Mobilio yang wajahnya baru disegarkan Honda pada Februari lalu terkirim ke diler-diler sebanyak 7.386 unit.

Sebagai pendatang baru di segmen Low MPV, pencapaian Livina bisa dibilang lumayan dalam enam bulan terakhir. Tampak Livina merangsek ke posisi enam LMPV terlaris di atas Wuling Confero yang lahir lebih dulu.

Didistribusikan mulai Maret 2019, Livina mencatatkan pencapaian lebih banyak yakni 5.045 unit. Sedangkan Confero yang terdistribusi secara penuh (Januari-Juni) hanya menorehkan distribusi sebanyak 2.948 unit.

Simak Video "Perang Mobil Murah Diprediksi Masih Terjadi di 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com